Pertamina Targetkan Produksi Minyak Blok Rokan Tahun Depan 180.000 BPH

Image title
7 Desember 2021, 14:47
blok rokan, produksi minyak, pertamina
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi.

Pertamina Hulu Rokan (PHR) berencana untuk melakukan pengeboran hingga 500 sumur di Blok Rokan tahun depan. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan target produksi minyak sebesar 180 ribu barel per hari (bph).

Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan, dan Jaffee A. Suardin mengatakan pihaknya telah mempunyai rencana untuk meningkatkan produksi di Blok Rokan pada tahun depan. Dengan target pengeboran sebanyak itu, maka pada tahun depan PHR akan menggunakan 20 Rig pengeboran dan Rig WOWS sebanyak 40 unit.

Advertisement

"Jadi dengan sumur 400-500 sumur untuk capai rata-rata 180 ribu bph. Sudah termasuk sumur-sumur teknologi steam flood heavy oil," kata dia dalam Pertamina Energy Webinar 2021: Energizing Your Future, Selasa (7/12).

Menurut dia teknologi steam flood merupakan salah satu teknologi untuk meningkatkan produksi untuk meningkatkan recovery oil hingga 50-85%. Jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mekanisme primer yang recovery oil-nya hanya 5-15%, atau dengan teknologi water flood yang hanya sekitar 15-20%.

Adapun penggunaan teknologi steam flood lantaran karakteristik dari reservoir memiliki minyak yang berat dan kental sehingga sulit berproduksi, sehingga dengan memberikan uap (steam), maka reservoir minyak akan terpanasi.

Minyak yang telah terpanasi, memiliki viscosity atau kekentalan yang rendah, sehingga lebih mudah mengalir. Selain itu, menurutnya uap juga berperan untuk mendorong minyak ke sumur produksi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement