Dekarbonisasi Sasar Industri Perkapalan, Siapkah Pertamina Shipping?

Image title
28 Desember 2021, 15:39
pertamina international shipping, industri kapal, emisi karbon, dekarbonisasi
Pertamina
Kapal tanker Pertamina International Shipping.

Pemerintah terus mendorong perusahaan untuk melakukan upaya dekarbonisasi untuk pengurangan emisi karbon, tak terkecuali pada industri perkapalan dan pelabuhan yang salah satu pemainnya di Indonesia adalah Pertamina International Shipping (PIS).

Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi/BKPM Indra Darmawan menyebut, setahun belakangan ini isu pengurangan emisi menjadi bahasan penting para pemimpin di dunia. Cepat atau lambat isu dekarbonisasi ini menurut dia juga akan menyasar pada sektor perkapalan.

Sehingga, hal tersebut harus menjadi perhatian para pelaku usaha yang bergerak di sektor pelayaran. Utamanya untuk mulai melakukan transformasi bisnis ke dalam upaya pengurangan emisi karbon.

"Bisa berupa pengurangan bahan bakar yang kotor menjadi lebih bersih bisa juga efisien energi dan juga efisiensi perusahaan. kira kira begitu. kita harus menanamkan optimisme," kata dia dalam Linking Investment and Business Prospect of Integrated Marine Logistics in Indonesia AN OUTLOOK 2022, Selasa (28/12).

Direktur Utama Pertamina International Shipping Erry Widiastono menyadari dunia saat ini memang berubah sangat cepat. Saat ini, banyak perusahaan dunia bergerak untuk mengadopsi prinsip berkelanjutan karena tuntutan pada Environmental, Social dan Governance (ESG).

Untuk menghadapi tantangan tersebut, PIS sendiri telah merumuskan peta jalan untuk menjadi green integrated marine logistics company. Hal tersebut untuk mendukung upaya Pertamina dalam mengurangi jejak karbonnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...