Adaro Tambah Pasokan Batu Bara untuk DMO ke PLN 500.000 Ton

Image title
6 Januari 2022, 14:11
adaro, batu bara, dmo batu bara, pln
Muhammad Zaenuddin|Katadata
PT Adaro Energy Tbk.

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menyatakan komitmennya dalam menjamin pasokan batu bara untuk sektor kelistrikan umum. Perusahaan sepakat untuk memasok tambahan batu bara untuk PLN sebanyak 500.000 ton.

Head Corporate Communications Adaro Energy Febriati Nadira mengatakan kebutuhan batu bara untuk domestik atau domestic market obligation (DMO) akan selalu menjadi prioritas perusahaan.

Advertisement

Bahkan pemenuhan DMO Adaro pada 2021 telah mencapai 26-27% dari total produksi. Jumlah tersebut melebihi batas yang ditetapkan pemerintah sebesar 25%.

"Saat ini, Adaro mendapatkan penugasan tambahan sebanyak 500.000 ton dan sudah bersepakat dengan Kementerian ESDM serta PLN untuk segera dipenuhi," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (6/1).

Untuk 2021, batu bara untuk DMO yang harus dipenuhi Adaro realisasinya yakni sekitar 11,1 juta ton. Sementara, realisasi penjualan domestik pada Januari-Oktober 2021 sebesar 9,69 juta ton.

Dengan tambahan penjualan pada November dan Desember 2021, maka ia memproyeksikan total penjualan ke domestik sepanjang 2021 telah memenuhi ketentuan DMO minimal 25%.

Dia pun berharap peraturan di industri batu bara dapat membuat perusahaan nasional seperti Adaro tetap bisa eksis dan ikut mendukung ketahanan energi nasional sekaligus memberikan kontribusi kepada negara. Misalnya seperti dalam bentuk royalti, pajak, tenaga kerja, CSR dan lain-lain.

"Selama bulan Januari-September 2021, kontribusi Adaro terhadap Pemerintah Indonesia melalui royalti dan pajak penghasilan mencapai US$ 510 juta," katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement