PLN Butuh 20 Juta Ton Batu Bara untuk 20 HOP, Bagaimana Kansnya?

Image title
6 Januari 2022, 18:00
pln, listrik, batu bara, hari operasi,
Katadata
Alat berat pengangkut batu bara.

PLN membutuhkan pasokan batu bara hingga 20 juta ton pada Januari 2022 ini untuk memenuhi standar minimal 20 hari operasi (HOP) pembangkit listrik tenaga uap (PLTU)-nya.

Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasli menilai dari segi jumlah produksi, maka 20 juta ton dalam sebulan sangat memungkinkan. Pasalnya, produksi bulanan batu bara Indonesia mencapai 50 juta ton.

Advertisement

"Namun, dari segi kualitas tidak semuanya sesuai spesifikasi PLN dan tidak semua tambang batu bara mendapatkan kesempatan untuk suplai ke PLN," kata Rizal kepada Katadata.co.id, Kamis (6/1).

Artinya tidak semua perusahaan tambang mempunyai kontrak jual beli dengan PLN maupun PT PLN Batu bara. Sebab, untuk dapat masuk menjadi rekanan PLN harus melewati tender yang cukup ketat.

Menurut Rizal biasanya hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang dapat diterima menjadi pemasok PLN demi keamanan suplai. Karena itu, seharusnya PLN dapat mengejar perusahaan-perusahaan yang sudah berkontrak dengan PLN agar dapat memenuhi kuotanya.

"Di perjanjian kontrak tentu ada konsekuensi kalau tidak bisa memenuhi suplai batu bara yang sudah diperjanjikan. Kemudian tidak semua kualitas batu bara bisa diterima oleh PLN," ujarnya.

Adapun batu bara kalori rendah umumnya tidak memiliki pasar di dalam negeri seperti kategori ICI-5 dengan kalori sekitar 3.400 gar (gross air received). Hanya sebagian kecil saja yang dapat dipasarkan di dalam negeri atau untuk tujuan blending.

Dia pun berharap dengan adanya kebijakan larangan ekspor selama sebulan ini, kebutuhan batu bara PLN dapat segera terpenuhi. Langkah-langkah perbaikan di sistem rantai pasok pengadaan batu bara PLN juga perlu pembenahan.

Misalnya, seperti pengadaan regional blending facility, pemungutan royalti oleh pemerintah yang fleksibel bisa dalam bentuk in-kind (barang) selain PNBP, termin pembayaran yang lebih fleksibel terutama untuk penambang kecil. Sehingga, arus kas untuk menjamin operasi tambang dapat lebih bagus.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement