Belum Final, Pertamina Tunggu Kepastian Dana Kompensasi BBM Pertalite

Image title
3 Februari 2022, 15:38
pertamina, dana kompensasi pertalite
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/hp.
SPBU Pertamina.

Pertamina menantikan kepastian pemberian dana kompensasi untuk BBM jenis Pertalite. Hal tersebut seiring dengan harga jual keekonomian produk Pertalite yang telah tembus Rp 11.000 per liter imbas terus naiknya harga minyak mentah dunia.

"Belum final, masih didiskusikan antar Kementerian. Kami juga masih menunggu," kata Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, SH C&T Irto Ginting kepada Katadata.co.id, Kamis (3/2).

Pemerintah disebut akan menganggarkan dana kompensasi kepada Pertamina atas campuran BBM jenis Premium di dalam Pertalite hingga Rp 30 triliun. Hal itu menyusul naiknya harga minyak mentah dunia yang telah menembus US$ 90 per barel.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset, dan Inovasi Kemenko Perekonomian Montty Girianna mengatakan sejak Januari 2021, perhitungan keekonomian harga BBM jenis Pertalite terus mengalami kenaikan seiring dengan melambungnya harga minyak dunia, dari Rp 6.000 per liter kini menjadi Rp 11.000 per liter.

Sementara, harga jual Pertalite ke masyarakat masih di Rp 7.650 per liter. Agar tidak berdampak kepada masyarakat dan keuangan Pertamina, pemerintah berencana menyiapkan dana kompensasi sekitar Rp 25-30 triliun. Hal tersebut agar harga jual Pertalite ke masyarakat tidak ikut naik.

"Pemerintah sepakat untuk memberikan kepastian angka itu disediakan pemerintah, dan gak akan melebihi angka yang tahun sebelumnya. Jadi gak lebih dari itu Rp 25-30 triliun mungkin ya. Tapi itu masih nanti sih sepertinya," kata dia dalam diskusi Energy Corner, (2/2).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...