Proyek 35 GW Masuk, Kelebihan Pasokan Listrik PLN Tahun Ini Membengkak

Happy Fajrian
23 Februari 2022, 17:32
pln, kelebihan pasokan listrik
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Pekerja PLN melakukan perawatan jaringan listrik di Jakarta.

PLN tahun ini bersiap menghadapi oversupply atau kelebihan pasokan listrik yang semakin besar seiring mulai masuknya proyek 35.000 megawatt (MW) atau 35 gigawatt (GW) ke dalam sistem kelistrikan nasional.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan tahun ini akan ada tambahan pasokan listrik sebesar 6 GW di Jawa dari proyek 35 GW. Sementara tambahan permintaan listrik diperkirakan hanya mencapai 800 MW. Artinya ada kelebihan pasokan listrik sekitar 5 GW.

“PLN saat ini mengalami oversupply yang luar biasa. Akan ada gap (jarak) yang besar mencapai 5 GW antara suplai listrik dan demand (permintaan),” ujarnya dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembangunan Green Industri Klaster antara PLN, Pertamina, dan Pupuk Indonesia, Rabu (23/2).

Dia menambahkan bahwa masalah kondisi kelebihan pasokan ini akan semakin memburuk seiring pengembangan pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) yang akan menambah suplai listrik jika permintaan listrik tidak ada.

Darmawan mencontohkan, salah satu potensi listrik yang sangat besar di Memberamo yang mencapai 23 GW. Menurutnya ini merupakan tantangan besar karena potensi besar tersebut tidak diimbangi dengan permintaan energi yang sama besarnya.

“Ini menjadi tantangan luar biasa di mana source of energy dengan demand of energy tidak nyambung. Bagaimana menyambungkannya tentu kita harus membangun energy storage system yang mampu mentransmisikan energi ini dalam jarak yang cukup jauh dan masih ekonomis,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...