Sentil Rusia, Jerman Bekukan Proyek Pipa Gas Nord Stream 2

Happy Fajrian
23 Februari 2022, 20:14
pipa gas, nord stream 2, rusia, ukraina, jerman
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi.

Jerman memutuskan untuk membekukan proyek pipa gas bawah laut, Nord Stream 2, pasca pengiriman “pasukan perdamaian” Rusia ke dua wilayah Ukraina yang memisahkan diri, Donetsk dan Luhansk.

Proyek bernilai US$ 11 miliar atau sekitar Rp 158 triliun ini sebenarnya sudah rampung pada September 2021. Namun Jerman dan Uni Eropa tak kunjung memberikan sertifikasi pengoperasiannya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dia telah meminta kementerian ekonomi untuk memastikan sertifikasi tidak bisa dilakukan sekarang.

"Departemen yang sesuai akan membuat penilaian baru tentang keamanan pasokan kami mengingat apa yang telah berubah dalam beberapa hari terakhir," katanya seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (23/2).

Pipa gas Nord Stream 2 sejatinya didesain untuk menggandakan volume aliran gas dari Rusia ke Jerman yang diharapkan dapat menurunkan harga gas di Eropa sehingga dapat mengurangi tekanan pada daya beli masyarakat dan subsidi energi yang dikeluarkan pemerintah.

Mengutip data theice.com, harga gas acuan Eropa, Dutch Title Transfer Facility (TTF) melonjak lebih dari 800% sepanjang 2021, dari sekitar € 17 per kilowatt jam (KWh) menjadi € 166 per KWh pada November 2021. Saat ini harganya turun namun masih di kisaran € 80-90 per KWh.

Keputusan Jerman Bumerang Bagi Eropa?

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengolok-olok keputusan Jerman. Menurutnya keputusan untuk membekukan proyek Nord Stream 2 akan menjadi karena kembali melambungkan harga gas yang akan melukai Jerman dan Eropa.

“Selamat datang di dunia baru di mana orang Eropa akan segera harus membayar € 2.000 per seribu meter kubik (gas)!” ujarnya melalui Twitter, seperti dari dikutip Reuters pada Rabu (23/2). Dia juga menyarankan agar Rusia menaikkan harga gasnya dua kali lipat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...