Kekhawatiran Pasokan Kerek Harga Gas Eropa Sentuh Rekor € 199 per MWh

Happy Fajrian
4 Maret 2022, 07:13
harga gas eropa, rusia,
KATADATA
Ilustrasi.

Harga gas alam patokan Eropa melonjak kerekor tertinggi baru untuk hari kedua berturut-turut, diperdagangkan pada setara dengan US$ 360 per barel minyak dipicu kekhawatiran atas gangguan pasokan gas Rusia.

Harga gas di hub Dutch Title Transfer Facility (TTF), harga gas patokan untuk Eropa, melonjak ke level € 199.99 per megawatt jam (MWh) pada Kamis (3/3), yang merupakan rekor tertinggi baru sepanjang masa.

Ini mengalahkan rekor hari Rabu (2/3)sebesar € 194 per MWh. Adapun rekor tertinggi harga gas Eropa pada 2021 yang dipicu oleh krisis energi hanya € 132,9 per MWh

“Lompatan harga yang sengit lainnya melanda pasar gas Eropa kemarin. Di pusat gas TTF Eropa terkemuka, kontrak bulan depan kini telah melonjak 60% selama seminggu. Rekor tertinggi tersebut setara dengan US$ 360 per barel minyak,” kata kolumnis energi dan komoditas Bloomberg, Javier Blas, dikutip Jumat (4/3).

Analis di Energi Danmark mengatakan lonjakan harga karena pasar mencoba mencerna konsekuensi dari kegagalan proyek Nord Stream 2 dan kemungkinan tidak ada gas Rusia ke Eropa. Dia memperkirakan tren kenaikan akan berlanjut hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...