RI Belum Beralih ke Endemi Meski 99% Warga Miliki Antibodi Covid-19

Rizky Alika
20 April 2022, 19:32
endemi covid-19, pandemi, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.
Sejumlah warga berjalan di jalur pedestrian kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (28/2/2022).

Hasil sero survei yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan antibodi Covid-19 masyarakat meningkat. Dengan kondisi tersebut, apakah Indonesia siap beralih status dari pandemi Covid-19 menjadi endemi?

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan status wabah Covid-19 di Indonesia masih berstatus pandemi.

"Belum (beralih status). Kan' perlu beberapa syarat lainnya (untuk transisi ke endemi)," kata Nadia saat dihubungi Katadata, Rabu (20/4).

Salah satu syarat transisi ke endemi ialah Indonesia memasuki indikator transmisi komunitas level 1 selama rentang waktu enam bulan. Selain itu, indikator transisi lainnya masih dalam pembahasan pemerintah.

Nantinya, ketentuan indikator endemi itu akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Namun, Nadia belum mengetahui kapan indikator tersebut akan rampung disusun. "Tunggu kesiapan timnya," ujar dia.

Sementara, Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Iwan Ariawan mengatakan peralihan status dari pandemi menjadi endemi membutuhkan konsistensi.

"Kita harus bisa mempertahankan sistem surveilansnya, sistem kesehatannya," kata Iwan dalam konferensi pers daring, Rabu (20/4). Upaya ini dilakukan untuk memastikan tak ada lonjakan kasus.

Terkait hasil sero survei yang tinggi, ia menilai hal tersebut belum bisa menjadi acuan. Sebab, sero survei terbaru hanya dilakukan pada 21 kabupaten/kota di Jawa dan Bali.

Pemerintah pun berencana kembali melaksanakan sero survei di seluruh Indonesia pada Juni mendatang. Dari sero survei tersebut, pemerintah akan mengetahui apakah ada peningkatan atau penurunan antibodi virus corona pada masyarakat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...