Putra Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Otoritas Swiss Kerahkan Penyelam

Happy Fajrian
28 Mei 2022, 13:59
putra ridwan kamil, ridwan kamil, eril, swiss, sungai aare
Katadata/Instagram
Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad, menyampaikan bahwa pencarian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, dilanjutkan hari ini, Sabtu (28/5), pukul 08.30 waktu Swiss atau 13.30 waktu Indonesia Barat.

"Hari ini, Sabtu 28 Mei 2022 tim SAR dan polisi masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril. Metode pencarian lebih intensif, menggunakan perahu, drone untuk menyisir tepian sungai Aare dan melakukan penyelaman," kata Muliaman melalui konferensi pers virtual.

Advertisement

Muliaman menjelaskan penyelaman dilakukan sesuai dengan situasi di lapangan seperti kondisi arus air, kejernihan air. Air sungai Aare berasal dari salju yang meleleh sehingga relatif dingin dan ada keberadaan kristal-kristal putih (dari salju yang belum meleleh sepenuhnya) sehingga menyebabkan air menjadi keruh dan menyulitkan pencarian.

"Pada dasarnya otoritas Swiss memberikan atau menyiapkan berbagai metode pencarian yang ada, yang disesuaikan dengan situasi setempat," kata Muliaman.

Adapun pihak yang terlibat dalam pencarian hari ini mulai dari polisi, polisi sungai, polisi medis, hingga pemadam kebakaran yang akan mengoperasikan drone. Lokasi pencarian hari ini yaitu di area Wohlensee, yang mencakup sepanjang 8 kilometer (km) sepanjang sungai Aare.

"Dimulai pukul 08.30 pagi waktu Swiss, sekitar 13.30 waktu Indonesia barat, hingga selesai atau hingga cuaca memungkinkan untuk melakukan proses pencarian. Artinya disesuaikan dengan perkembangan di lapangan," ujar Muliaman.

Dia menambahkan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Swiss akan menjaga komunikasi secara real time dengan pihak kepolisian dan tim SAR untuk mendapatkan update informasi yang aktual setiap saat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement