Harga Minyak Bangkit Naik ke US$114, Pemimpin G7 Akan Batasi Harga

Happy Fajrian
27 Juni 2022, 12:03
harga minyak, g7, rusia
medcoenergi
Harga minyak naik ke US$ 114 per barel hari ini, Senin (27/6).

Harga minyak kembali mengalami kenaikan setelah dalam dua pekan terakhir turun cukup signifikan. Hari ini, Senin (27/6), harga minyak mentah Brent sempat menyentuh US$ 114 per barel setelah akhir pekan lalu turun ke level US$ 106,46.

Sementara itu harga minyak mentah Amerika, West Texas Intermediate (WTI) menyentuh level US$ 108,35 per barel setelah pada akhir pekan lalu turun ke level US$ 104,27.

Para pemimpin negara-negara kaya G7 tengah membahas peluang untuk mengatasi kenaikan harga energi dan mengganti impor minyak dan gas Rusia, serta sanksi lebih lanjut yang tidak memperburuk inflasi.

Langkah-langkah ini termasuk kemungkinan pembatasan harga pada ekspor minyak mentah dan produk minyak Rusia. Ini merupakan bagian dari upaya negara G7 tentang bagaimana meningkatkan tekanan pada Kremlin atas invasinya ke Ukraina tanpa memicu tekanan inflasi global.

“Tidak jelas apakah pembatasan harga akan mencapai hasil ini,” kata analis Commonwealth Bank of Australia Vivek Dhar dalam sebuah catatan, seperti dikutip Reuters, Senin (27/6).

Menurut dia masih tidak ada yang menghentikan Rusia untuk melarang ekspor minyak dan produk olahan ke negara-negara G7 sebagai tanggapan atas pembatasan harga. Ini memperburuk kondisi kekurangan di pasar minyak global dan produk olahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...