Pertamina Mulai Garap Proyek Pipa Gas Senipah, Pasok Kilang Balikpapan

Happy Fajrian
6 Juli 2022, 18:01
pertamina, pipa gas, pertagas, pgn
Pertamina
Pertamina melakukan pengelasan pertama (first welding) yang menandai dimulainya proyek pipa gas Senipah-Balikpapan sepanjang 78 kilometer (km).

Sub Holding Gas dan Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina mulai menggarap proyek pipa gas Senipah-Balikpapan untuk menjamin pasokan gas ke Kilang Balikpapan.

Tonggak yang menandai dimulainya proyek pipa gas ini dilakukan dengan melakukan first welding atau pengelasan pertama sambungan pipa yang dilaksanakan hari ini, Rabu (6/7) di Stockyard Jalan Pulau Balang kilometer 13 Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Teknologi & Infrastruktur PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Achmad Muchtasyar, DIrektur Utama Kilang Balikpapan Feri Yani, serta Dewan Komisaris dan Direksi PT Pertamina Gas (Pertagas).

Pembangunan pipa gas sepanjang 78 km berdiameter 20 inci tersebut dilaksanakan oleh salah satu anak usaha Sub Holding Gas Pertamina yaitu Pertagas. Ke depannya ruas pipa gas ini akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan Kilang Pertamina Balikpapan dengan mengalirkan gas dari lapangan di wilayah Senipah Kalimantan Timur dengan kapasitas maksimal 125 MMSCFD.

Direktur Teknologi & Infrastruktur PGN Achmad Muchtasyar selaku perwakilan Direksi Sub Holding Gas Pertamina mengatakan bahwa pembangunan pipa gas Senipah-Balikpapan ini sangat penting.

“Infrastruktur pipa ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan, dengan terjaminnya supply energi tentunya akan berkontribusi kepada optimalisasi operasional kilang ke depannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/7).

Senada, Feri Yani Direktur Utama Kilang Pertamina Balikpapan mengatakan bahwa sinergi antar anak usaha Pertamina ini akan mendukung percepatan program pengembangan Kilang Balikpapan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...