Kementerian BUMN Raih Opini WTP, Erick Thohir: Buah Transformasi

Happy Fajrian
9 Juli 2022, 18:42
kementerian bumn, bumn, erick thohir, opini wtp
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz
Gedung Kementerian BUMN.

Laporan keuangan Kementerian BUMN mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) untuk ke-15 kalinya secara berturut-turut. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa ini adalah buah dari transformasi yang dilakukan.

Dia menyebut bahwa segala transformasi yang ada di Kementerian BUMN dan BUMN selama tiga tahun terakhir merupakan hasil kerja sama yang erat dengan BPK. Meski kembali mempertahankan predikat opini WTP, Erick tidak mau berpuas diri.

"Kami berharap dukungan penuh kepada BPK untuk terus membantu kami dalam melanjutkan transformasi ini,” kata Erick dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (9/7).

Menurut Erick, pemeriksaan dan audit BPK sangat diperlukan agar dapat melakukan evaluasi dan introspeksi. Keduanya dilakukan pada hal-hal yang kurang sesuai atau berpotensi merugikan negara.

“Semakin cepat diketahui, maka bisa lebih baik mempersiapkan mekanisme pencegahan. Disamping itu bisa jadi modal mengambil langkah hukum jika terbukti ada penyimpangan,” ujarnya.

Erick menegaskan, ini menjadi bukti nyata dari komitmen segenap pegawai Kementerian BUMN. Khususnya dalam menjalankan amanah secara transparan dan akuntabel sesuai prinsip Good Governance.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...