Temuan Ladang Migas Andaman II Diharapkan Pacu Investasi Migas di RI

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Juli 2022, 21:37
investasi migas, blok migas, andaman, lapangan migas
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

Penemuan ladang minyak dan gas (migas) oleh perusahaan asal Inggris Premier Oil di Blok Andaman II perairan Aceh menandakan sinyal positif soal masih adanya sejumlah cekungan migas di wilayah Indonesia.

Sumur yang berdasarkan pengujian mampu mengalirkan gas sebesar 27 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 1.884 barel kondensat per hari (BOPD) ini berpotensi menjadi buruan para investor migas.

Direktur Eksekutif ReforMiner, Komaidi Notonegoro mengatakan bahwa penemuan ini menegaskan cekungan migas di Indonesia masih banyak dan cadangannya masih besar. Ia berharap, temuan ini bisa mendorong investasi di sektor hulu migas sekaligus dapat segera dikelola dan dimanfaatkan sebagai salah satu pemasok energi bagi Indonesia.

"Sinyalnya positif. Ini akan menjadi pasokan energi di masa depan maupun bahan baku di domestik," ujar Komaidi kepada Katadata.co.id, Selasa (12/7), sembari menambahkan bahwa mayoritas lapangan yang ditemukan saat ini didominasi oleh temuan ladang gas bumi ketimbang minyak.

Harapan tersebut muncul usai lesunya torehan investasi pada kegiatan hulu migas pada semester I tahun ini yang baru mencapai US$ 4,8 miliar, lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 4,92 miliar.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto pun mengakui bahwa realisasi investasi migas ttersebut relatif kecil di tengah momentum tingginya harga minyak mentah dan gas dunia.

Komaidi menambahkan, pemerintah diharap bisa memberikan sejumlah insentif kepada para investor yang ingin menggarap temuan tersebut agar dapat segera dilanjutkan ke tahap eksplorasi hingga produksi migas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...