Masih Tahap Uji Teknis, Peluncuran B35 Akhir Juli Berpotensi Mundur

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Juli 2022, 14:06
biodiesel, b35, kementerian esdm, esdm
Arief Kamaludin | Katadata
Biodiesel murni dan campuran solar dengan kadar 10 dan 20 persen.

Kementerian ESDM kemungkinan akan menunda peluncuran biodiesel B35 yang semula dijadwalkan pada akhir bulan ini. Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, mengatakan B35 saat ini masih dalam tahap pengujian teknik.

"Sekarang kami memastikan aspek keteknikan, pengujian (B35) lagi dikerjain," kata Dadan saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM Jakarta pada Rabu (20/7).

Saat ditanya kapan realisasi peluncuruan B35 digelar, Dadan enggan menjawab. Ia hanya menyampaikan pihaknya masih berdiskusi dengan Kementerian Perindustrian untuk tahap distribusi.

"Kita lihat nanti, karena masih diskusi sama Kementerian Perindustrian. Kan dari sana tuh yang otomatis komunikasi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO)," sambung Dadan.

Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal (Dirjen) EBTKE, Edi Wibowo pemanfaatan biodiesel di Tanah Air masih dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti keluhan pihak industri pertambangan dan perkapalan karena mengalami penggumpalan saat menggunakan B30.

Selain itu, muncul kekhawatiran terkait kestabilan oksidasi dan kadar air yang terkandung dalam B35. "Penurunan dayanya tidak signifikan, sekira 2%. Nilai kalor Biodiesel lebih kecil dari Solar. Ini bisa diatasi dengan berjalannya waktu. Semoga tidak ada kendala signifikan untuk B35," ujar Edi kepada Katadata.co.id, Rabu (13/7).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...