Tekan Produksi Solar, ESDM Bakal Luncurkan Program B35 Akhir Juli Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Juli 2022, 12:47
ESDM, biodiesel, energi,
123RF.com/Sergey Galushko

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berencana meningkatkan campuran minyak sawit ke Bahan Bakar Minyak jenis Solar hingga 35 % atau B35, akhir Juli ini. Campuran bahan nabati itu naik 5 % dari implementasi biodiesel 30 % atau B30 saat ini.

Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Edi Wibowo mengatakan pemerintah sudah menyiapkan bahan baku sebesar 17,14 juta kilo liter (kl). Edi melanjutkan, saat ini Kementerian ESDM bersama Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) sudah melakukan uji coba terhadap penggunaan B35 maupun B40.

"Terkait dengan aspek regulasi tidak ada perubahan yang signifikan, peningkatan B35 dari B30 itu dimungkinkan tanpa mengubah Permen ESDM," kata Edi dalam Energy Corner CNBC, Senin (11/7).

Dia menambahkan, adanya program B35 diharapkan bisa meningkatkan serapan minyak sawit sehingga berdampak pada melonjaknya harga minyak sawit mentah Indonesia (CPO) yang harganya anjlok dalam sebulan belakangan. "Berharap serapan Tandan Buah Segar (TBS) sawit naik, sehingga harganya meningkat. Tujuan utamanya itu," ujarnya.

Selain itu, pemanfaatan bahan bakar nabati diharapkan bisa mengurangi impor BBM fosil secara bertahap. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor minyak mentah Indonesia terbesar pada 2021 berasal dari Arab Saudi, dengan volume mencapai 4,42 juta ton dan nilai US$ 2,27 miliar. Volume itu mencapai 32,08 % dari total impor minyak mentah Indonesia, yang totalnya 13,78 juta ton. Sementara volume impor minyak tersebut juga meningkat 31,08 % dari tahun sebelumnya.

"Kalau kita gunakan biodiesel diharap bisa mengurangi produksi Solar dan mengurangi impor minyak fosil yang saat ini masih tinggi," katanya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...