Xi Jinping Peringatkan Joe Biden agar Tak Main Api Soal Taiwan

Happy Fajrian
29 Juli 2022, 19:44
Xi Jinping, Joe Biden, taiwan, cina, amerika serikat
Antara
Xi Jinping dan Joe Biden.

Presiden Cina Xi Jinping memperingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden agar tidak bermain api terkait isu Taiwan. Hal tersebut ia sampaikan melalui panggilan telepon pada Kamis (28/7). Peringatan ini terkait kemungkinan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke negara pulau itu.

“Mereka yang bermain api akan binasa karenanya,” kata kementerian luar negeri Cina mengutip pernyataan Xi kepada Biden dalam panggilan telepon seperti dikutip Reuters, Jumat (29/7). “Diharapkan AS akan melihat dengan jelas masalah ini.”

Xi mengatakan bahwa Washington harus memahami “one-China principle” atau prinsip satu negara Cina dan menekankan bahwa Cina dengan tegas menentang kemerdekaan Taiwan dan campur tangan pihak luar.

“Biden mengatakan kepada Xi bahwa kebijakan AS tentang Taiwan tidak berubah dan bahwa Washington sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata Gedung Putih.

Setelah panggilan itu, Taiwan berterima kasih kepada Biden atas dukungannya dan mengatakan akan terus memperdalam kemitraan keamanannya dengan Amerika Serikat, kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Gedung Putih mengatakan panggilan terjadwal panjang itu adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memperdalam jalur komunikasi dengan Cina dan mengelola perbedaan keduanya secara bertanggung jawab. AS disebut sangat ingin menurunkan ketegangan terkait isu Taiwan.

Kunjungan Nancy Pelosi akan menjadi pertunjukan dukungan AS yang dramatis, meskipun belum pernah terjadi sebelumnya, untuk pulau itu. Beberapa analis khawatir langkah seperti itu di tengah hubungan AS tegang dengan Beijing dapat memicu krisis besar dan bahkan bentrokan yang tidak diinginkan.

Analis isu Cina di Washington’s Center for Strategic and International Studies, Scott Kennedy, mengatakan bahwa kontak tingkat pemimpin sangat penting untuk mencegah bentrokan.

“Orang berharap mereka melakukan hal yang diperlukan untuk menghindari bentrokan dalam waktu dekat. Tetapi jelas perlu ada komunikasi yang lebih sering dan mendalam,” kata Kennedy.

Seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa Biden dan Xi telah membahas kemungkinan mengadakan pertemuan tatap muka pertama sebagai pemimpin kedua negara dan mengarahkan tim masing-masing untuk menangani hal ini.

“Biden menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi di Taiwan dan keduanya juga membahas bidang-bidang di mana ada potensi untuk memperluas kerja sama, termasuk perubahan iklim, keamanan kesehatan dan kontra-narkotika,” kata pejabat itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...