Ratu Elizabeth Positif Covid-19

Lavinda
Oleh Lavinda
20 Februari 2022, 21:52
Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Chris Radbur
Ratu Elizabeth dari Inggris pergi meninggalkan gereja di St Peter & St Paul di West Newton, Norfolk, Inggris, Minggu (2/2/2020).

Kerajaan Inggris mengumumkan Ratu Elizabeth positif Covid-19. Sang Ratu berusia 95 tahun itu mengalami gejala ringan, tetapi memutuskan untuk tetap melanjutkan tugasnya di Istana Windsor pekan depan.

"Dia akan terus menerima perawatan medis dan akan mengikuti semua pedoman yang sesuai," demikian tertulis dalam sebuah pernyataan seperti dikutip BBC, Minggu (20/2).

Dalam akun Twitternya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mendoakan Ratu Elizabeth cepat pulih dan kembali beraktivitas. "Saya yakin saya berbicara untuk semua orang dalam mendoakan Yang Mulia Ratu cepat pulih dari Covid dan cepat kembali ke kesehatan yang prima."

Koresponden kesehatan BBC Jim Reed mengatakan obat antivirus yang baru disetujui, dapat membantu pemulihan Ratu. Menurut dia, obat-obatan itu menjadi solusi utama untuk mengurangi risiko orang yang rentan dan membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Sang Ratu mendapatkan vaksin pertamanya pada Januari 2021 dan diyakini menjalani vaksin lanjutan setelah itu.

Ratu Elizabeth sempat melakukan kontak dengan putra dan pewaris tertuanya, Pangeran Charles yang ditetapkan positif Covid-19 pekan lalu. Sebelumnya, sejumlah orang juga dinyatakan positif di Istana Windsor, tempat Ratu menetap.

Pangeran Charles dinyatakan positif pada Kamis pekan lalu, setelah bertemu dengan Ratu dua hari sebelumnya. Gejala Covid umumnya muncul antara dua hingga 14 hari setelah terpapar virus.

Ratu menghadiri pertemuan resmi pertamanya sejak melakukan kontak dengan Pangeran Charles, mengadakan pertemuan virtual dengan dua duta besar baru untuk Inggris. 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...