Freeport Berencana Bangun Smelter di Papua Usai Smelter Gresik Rampung

Happy Fajrian
10 Oktober 2022, 18:32
freeport, smelter, papua,
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur, Jumat (29/7/2022).

PT Freeport Indonesia tengah mencari peluang untuk mengembangkan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral, atau smelter di Papua, usai menyelesaikan proyek smelter tembaga di Gresik. Hal tersebut disampaikan oleh Chairman of the Board & CEO Freeport Mc-MoRan, Richard C. Adkerson.

Ada pun saat ini Freeport tengah fokus menyelesaikan pembangunan smelter tembaga keduanya di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur, yang ditargetkan rampung pada 2024.

“Pada masa mendatang, kami akan mencari peluang untuk mengembangkan fasilitas pengolahan di Papua. Tapi saat ini pemerintah sudah memperingatkan kami untuk gerak cepat,” katanya dalam Orasi Ilmiah: Transformasi Ekonomi melalui Hilirisasi dengan Kearifan Lokal di Universitas Cenderawasih, Papua, beberapa waktu lalu, Kamis (6/10).

Richard mengakui awalnya Freeport berjanji akan menyelesaikan pembangunan smelter pada 2023. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 dan perubahan rantai suplai yang terjadi di dunia, mau tidak mau target tersebut harus molor.

“Kita sudah 40% komplit, kita akan rampung 2024. Di masa depan, akan ada peluang kami untuk membangun fasilitas industri, fasilitas kelistrikan untuk mendukung pengembangan industri di Papua. Kami berkomitmen untuk melakukan itu,” imbuhnya.

Berdasarkan bahan paparan Richard, smelter baru Freeport di JIIPE Gresik, Jawa Timur, itu akan menjadi smelter single-line terbesar di dunia dengan kapasitas produksi pengolahan tembaga hingga 1,7 juta ton konsentrat per tahun.

Freeport juga akan menambah kapasitas smelter tembaga pertamanya yakni PT Smelting yang juga berada di Gresik dari produksi 1 juta ton menjadi 1,3 juta ton konsentrat per tahun. Selain itu juga akan ada fasilitas pemurnian logam mulia sebesar 6.000 ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...