Bos MIND ID: Freeport Berpeluang Bangun Smelter Tembaga Baru di Papua

Image title
7 Mei 2021, 20:35
smelter, freeport, papua, mind id
KATADATA/
Alat berat beroperasi di tambang PT Freeport Indonesia.

Freeport Indonesia (Freeport) berpeluang untuk menambah pabrik pemurnian atau smelter tembaga baru di Papua, selain yang telah direncanakan di Gresik, Jawa Timur, atau Halmahera Tengah, Maluku Utara.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa pembangunan smelter di Papua dapat terealisasi jika kapasitas produksi Freeport dapat digenjot lebih dari 3 juta ton per tahun. Pasalnya, tingkat produksi saat ini sudah dialokasikan untuk smelter yang sudah ditentukan.

Selama ini rencana kapasitas produksi Freeport hingga 2041 ditetapkan hanya sebesar 3 juta ton per tahun. Oleh karena itu, perlu pembahasan kembali mengenai peningkatan produksi jika smelter tersebut butuh pasokan dari Freeport.

"Ini dua hal yang sangat terkait. Dengan adanya smelter di sana, kalau mereka mau bangun, kami akan proses untuk peningkatan produksi," kata dia dalam Media Breifing MIND ID, Jumat (7/5).

Sebelumnya Kementerian Investasi bekerja sama dengan China ENFI Engineering Corporation (ENFI) untuk pembangunan pabrik pemurnian atau smelter tembaga di Papua. Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan President ENFI Liu Cheng beberapa waktu lalu.

Bahlil mengapresiasi langkah China ENFI atas minat investasinya di industri smelter tembaga yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Ia berharap penandatanganan nota kesepahaman ini dapat segera ditindaklanjuti untuk menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...