Progres Smelter Tembaga Freeport di Gresik per Juni Sudah Capai 34,9%

Happy Fajrian
1 Agustus 2022, 06:59
smelter tembaga, freeport, menteri esdm, arifin tasrif
Kementerian ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas, meninjau proyek smeter tembaga milik Freeport di Gresik, Jumat (29/7).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan bahwa progres pembangunan proyek fasilitas pemurnian alias smelter tembaga berkapasitas 1,7 juta dry metric ton (dmt) per tahun milik PT Freeport Indonesia sudah mencapai 34,9% per akhir Juni 2022.

Hal ini ia sampaikan setelah melakukan kunjungan kerja ke kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, pada Jumat (29/7) lalu. Lawatan ini untuk memastikan keberlangsungan pembangunan proyek smelter tersebut.

“Dari yang terukur, progres (pembangunan) lebih cepat dari yang ditargetkan. Sudah mencapai 34,9% di akhir bulan Juni 2022, dengan biaya yang dikeluarkan lebih dari US$ 1,15 miliar,” kata Arifin dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (1/8).

Arifin menambahkan bahwa saat ini, sudah terdapat 10.500 titik tiang pancang serta berlangsung pula pengecoran (concrete pouring) untuk fondasi struktur. “Ditargetkan akhir 2022 mencapai 50%. Kita harapkan di kuartal II 2023 konstruksi udah selesai, terutama proyek smelting eksisting yang ekspansi,” ujarnya.

Guna mendukung pembangunan smelter tersebut dilakukan rekrutmen pekerja konstruksi sebanyak 3.500 orang, yang terdiri dari 98% tenaga kerja Indonesia, 50% diantaranya tenaga kerja lokal Jawa Timur. Hal ini diharapkan untuk menjaga akselerasi progres tersebut sedini mungkin.

“Proyek pembangunan harus tetap on progress. Untuk itu, kebutuhan tenaga kerja lokal akan dioptimalkan," ungkap Arifin. Simak databoks berikut:

Kementerian ESDM mengapresiasi upaya PT Freeport Indonesia serius menggarap proyek smelter tersebut. “Secara keseluruhan saya puas. Progresnya cukup bagus, sangat berbeda dengan kunjungan pertama kali lalu,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...