RI Telah Ajukan Formula Pendirian Organisasi Mirip OPEC untuk Nikel

Happy Fajrian
17 November 2022, 17:59
nikel, opec, produsen nikel,
PT Antam TBK
Bijih nikel.

Pemerintah Indonesia mengusulkan pembentukan organisasi khusus negara-negara penghasil nikel, mirip OPEC pada minyak mentah. Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengaku pihaknya sudah menyiapkan formulasi pembentukan organisasi ini.

Bahlil telah melakukan pertemuan dengan Kanada dan Australia terkait inisiatif tersebut di sela-sela KTT G20 Bali. Ia menilai kolaborasi dengan sesama negara penghasil nikel maupun mineral lainnya sangat diperlukan untuk mendukung industri kendaraan listrik di masa depan.

“Dari kita sendiri formulasinya sudah ada, tapi harus kita tawarkan formulasi yang sama untuk kemudian mereka koreksi atau tidak, dan sekarang tawaran konsep itu sudah kita berikan ke mereka, kita menunggu feedback,” katanya dalam keterangan pers melalui video yang diterima di Jakarta, Kamis (17/11).

Bahlil menyebut inisiatif untuk mendirikan organisasi tersebut merupakan mimpi besar Indonesia agar negara-negara penghasil bahan baku mineral bisa berkolaborasi dan menjadi pemegang kendali perdagangan mineral dunia.

Hal itu juga dilakukan lantaran negara-negara Eropa, yang merupakan pusat pabrikan otomotif, mengharuskan agar pembangunan pabrik baterai mobil harus dibangun dekat dengan pabrik mobil listrik.

“Nah kalau ini terus terjadi maka negara-negara penghasil bahan baku ini tidak akan mendapatkan nilai tambah. Maka kemudian ide ini dilakukan oleh Indonesia dan saya komunikasikan, baik dengan Kanada, Australia dan kami sudah hampir mencapai satu kesepahaman. Butuh sedikit lagi untuk memberikan penjelasan,” katanya.

Bahlil menambahkan, inisiatif tersebut akan jadi instrumen kolaborasi antara para negara penghasil mineral agar bisa mendapatkan keuntungan sambil tetap menjalankan aturan perdagangan internasional.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...