Ratusan Unit Duo Crossover SUV Listrik Kawal Petinggi Negara KTT G20

Krisna Arie Prasetya
14 November 2022, 15:50
toyota, ktt g20, ktt g20 bali, mobil listrik, kendaraan listrik, crossover suv
Katadata
Mobil listrik baterai Toyota bZ4X yang disiapkan Toyota Astra Motor untuk mengawal para pemimpin negara di KTT G20 Bali, 15-16 November 2022.

Langkah-langkah strategis dilakukan Toyota Astra Motor (TAM) dalam mendukung penyelenggaraan KTT G20 yang berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022. Raksasa otomotif asal Jepang ini menyiapkan dua crossover SUV bertenaga baterai alias BEV (Battery Electric Vehicle) yakni Toyota bZ4X serta Lexus UX300e.

Tak tanggung-tanggung, setidaknya Toyota telah menyiapkan ratusan unit mobil listrik untuk digunakan para delegasi. Dari total 143 unit yang diturunkan, 102 diantaranya adalah Lexus UX300e sementara sisanya adalah Toyota bZ4X. Langkah ini diharapkan bisa menunjukkan komitmen pabrikan dalam mengembangkan kendaraan listrik.

Toyota sepertinya punya langkah-langkah jitu dan strategis dengan menghadirkan mobil listrik di kelas SUV. Karena seperti kita ketahui bersama, pasar SUV di Indonesia dan juga dunia terus tumbuh dari tahun ke tahun.

Terbukti dari terus bertambahnya permintaan, pada 2021 pasar SUV naik 85 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 227 ribu unit. Dan kala itu jumlahnya sempat melampaui penjualan mobil kelas MPV.

Kembali ke duo crossover SUV Toyota, rencananya delegasi-delegasi di kalangan pemangku kebijakan yang akan menggunakan Lexus UX300e serta Toyota bZ4X di KTT G20.

“Ini merupakan bentuk dukungan kami pada upaya popularisasi teknologi kendaraan elektrifikasi di Tanah Airi. Dimana Toyota All New bZ4X menjadi salah satu opsi solusi mobilitas zero emission di Indonesia," tegas Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

Toyota bZ4X merupakan SUV listrik yang baru diluncurkan pada 10 November 2022. Kendaraan seharga Rp1,19 miliar tersebut telah menganut desain sporti dengan grillenya dibuat tertutup seperti perisai dan dilengkapi oleh Headlamp LED.

Halaman:
Reporter: Krisna Arie Prasetya
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...