Harga Minyak Turun di Bawah US$ 80 per Barel Jelang Embargo Uni Eropa

Happy Fajrian
3 Desember 2022, 10:39
harga minyak,
www.skkmigas.go.id
Rig pengeboran migas.

Harga minyak turun dengan embargo Uni Eropa (UE) dan pembatasan harga terhadap minyak Rusia yang akan mulai berlaku Senin (5/12). Negara G7 dan sekutunya, Australia dan UE, telah menyepakati patokan harga minyak Rusia di level US$ 60 per barel.

Harga minyak berjangka Brent pada Jumat (2/12) atau Sabtu pagi waktu Indonesia, ditutup pada US$ 85,57 per barel, turun 1,5% dibandingkan sehari sebelumnya. Sedangkan WTI kembali turun di bawah US$ 80 per barel, tepatnya US$ 79,98 atau turun 1,53%.

Turunnya harga minyak juga dipicu rencana OPEC+ untuk bertahan pada target produksi sebelumnya untuk memangkas 2 juta barel per hari. Meski turun, kedua harga minyak acuan global tersebut menutup pekan ini dengan positif, dengan Brent naik 2,5% dan WTI naik 5%, setelah tiga minggu berturut-turut mengalami penurunan.

“Pedagang akan ragu-ragu untuk melakukan penjualan selama akhir pekan jika ada gemuruh yang berkembang bahwa OPEC mungkin mencoba untuk mengejutkan dan membuat kagum pasar pada pertemuan akhir pekan mereka,” kata analis di grup Price Futures, Phil Flynn, dikutip dari Reuters Sabtu (3/12).

OPEC+ secara luas diperkirakan akan tetap berpegang pada target terbaru pengurangan produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari (bph) pada pertemuan hari Minggu (4/12). Namun beberapa analis percaya bahwa harga minyak mentah dapat turun jika kelompok tersebut tidak melakukan pemotongan lebih lanjut.

“Minyak mentah membawa risiko akhir pekan yang lebih signifikan dan bisa sangat fluktuatif pada pembukaan minggu depan,” kata analis Oanda Craig Erlam, pandangan yang digaungkan oleh analis lainnya.

Produksi minyak Rusia bisa turun 500.000 menjadi 1 juta bph pada awal 2023 karena larangan Uni Eropa atas impor melalui laut mulai Senin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...