Harga Minyak Melandai, Pakar: Harga Pertamax Harusnya Turun Rp 400

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Desember 2022, 15:54
pertamax, harga pertamax, harga bbm, harga minyak,
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj.
Seorang petugas menunjukkan harga BBM jenis Pertalite yang sudah naik menjadi Rp10 ribu per liter di SPBU Maya jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Fluktuasi harga minyak pada akhir tahun ini diproyeksikan bakal berdampak pada penurunan harga BBM non bersubsidi jenis bensin seperti Pertamax.

Kini harga minyak mentah Brent yang berada di kisaran US$ 82,83 per barel saat ini jauh lebih rendah dari reli harga minyak pada awal pembentukan harga Pertamax senilai Rp 13.900 per liter untuk wilayah Jawa-Bali pada Oktober lalu. Saat itu, harga minyak Brent berada di angka US$ 91,59 per barel.

Advertisement

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, menyebut bahwa harga keekonomian BBM Pertamax saat ini ikut turun seiring melandainya harga minyak jika dibandingkan dengan harga di dua bulan belakangan.

Mamit melanjutkan, penyesuaian harga BBM non subsidi umumnya dilakukan tiap tiga bulan dengan formulasi hitung-hitungan yang mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 62 Tahun 2020.

"Dengan harga minyak mentah saat ini, harusnya harga Pertamax bisa turun walau tidak banyak," kata Mamit saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Kamis (29/12).

Mamit menambahkan, penurunan harga keekonomian BBM non subsidi jenis bensin atau gasoline juga berpotensi pada Pertamax Turbo. Dia mengatakan, penurunan harga wajar secara otomatis akan menyusutkan harga jual.

Menurut Mamit, harga jual Pertamax dan Pertamax Turbo akan turun dalam kisaran Rp 300-400 per liter pada periode penyesuaian harga yang bakal terjadi dalam waktu dekat. "Perhitungan saya dengan formulasi yang saya buat, gak lebih dari Rp 300 sampai Rp 400 per liter," ujar Mamit.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement