Ragam Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Berbagai Negara di Dunia

Happy Fajrian
1 Januari 2023, 13:03
tahun baru, tahun baru 2023
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Suasana pesta kembang api menyambut tahun baru 2023 di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (1/1/2023).(31/12/2022).

Di Indonesia, malam pergantian tahun baru dirayakan dengan pentas musik, hingga pesta kembang api. Meski ada juga yang hanya sekedar berkumpul di rumah bersama keluarga sambil makan-makan.

Namun sejumlah negara di dunia memiliki tradisi unik dalam merayakan malam pergantian tahun. Tradisi tersebut ada yang sudah berlangsung selama ratusan tahun dan sarat dengan makna, doa, dan harapan. Berikut adalah berbagai tradisi tahun baru di berbagai negara di dunia:

1. Amerika Serikat: Menjatuhkan Bola Raksasa

Jutaan warga Amerika berkumpul di Times Square untuk menyaksikan tradisi penjatuhan bola raksasa pada jam 12 tengah malam tahun baru. Tradisi ini pertama kali diinisiasi oleh pemilik New York Times Adolph Ochs pada 1907.

Meski demikian tradisi ini sejatinya bukan untuk merayakan tahun baru melainkan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap kantor New York Times yang baru. Namun sejak itu tradisi penjatuhan bola raksasa menjadi atraksi perayaan tahun baru paling populer di New York.

NEW-YEAR/USA-NEW YORK CELEBRATIONS
NEW-YEAR/USA-NEW YORK CELEBRATIONS (ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah Moon/aww/cf)

2. Brasil: Pergi ke Pantai dan Melompati Ombak

Warga Brasil biasanya pergi ke pantai pada malam pergantian tahun baru. Setelah itu mereka akan melompati tujuh ombak sambil membuat tujuh permintaan. Sebelum masuk ke laut biasanya warga Brasil mengenakan pakaian serba putih sebagai simbol kemurnian. Tradisi ini berakar pada pemujaan dewi air, Yemanja.

3. Spanyol: Memakan 12 Butir Anggur

Orang Spanyol memulai tahun baru mereka dengan memakan 12 butir buah anggur yang masing-masing menyimbolkan 12 dentang jam pada jam 12 malam. Tradisi ini bernama las doce uvas de la suerte atau 12 anggur keberuntungan yang dimulai sejak akhir abad ke-19.

Tradisi ini dipercaya dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan di tahun yang baru. Namun hal ini dipercaya hanya dapat dicapai jika 12 butir anggur itu dapat dihabiskan sebelum dentang jam berakhir.

4. India: Membuat Patung Orang Tua dan Membakarnya

Sebagian orang India akan membuat patung orang tua yang melambangkan tahun yang lama dan membakarnya saat tengah malam. Pembakaran ini menyimbolkan berlalunya kesedihan pada tahun yang lama dan memberi ruang untuk tahun yang baru.

Namun ini bukan satu-satunya tradisi di India, karena India memiliki banyak kepercayaan, sehingga melahirkan berbagai macam festival tahun baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement