Ogah Diatur Barat, India Tegaskan akan Terus Membeli Minyak Rusia

Happy Fajrian
10 Februari 2023, 11:33
minyak, india, rusia,
ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi
Pemerintah India menegaskan bahwa India akan membeli minyak dari mana pun yang menawarkan kesepakatan yang paling menguntungkan, termasuk Rusia.

Pemerintah India menegaskan bahwa negara barat tidak dapat mengatur dari mana India mendapatkan pasokan minyak mentahnya. Menteri Energi Hardeep Singh Puri mengatakan negaranya akan mengamankan minyak dari mana saja selama itu menguntungkan India, termasuk dari Rusia.

Dia mengatakan India konsumen minyak terbesar ketiga di dunia yang berkontribusi 30% dari total konsumsi global. India telah membeli minyak Rusia dengan diskon besar sejak negara-negara barat menjatuhkan beragam sanksi termasuk pembatasan harga minyak mentah dan produk minyak Rusia.

Advertisement

“Kami yakin kami akan dapat menggunakan kekuatan pasar kami untuk mendapatkan sumber (minyak) dari mana pun kami berada, dari mana pun kami mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan,” ujar Puri dikutip dari CNBC.com, Jumat (10/2). “Syarat menguntungkan dalam situasi ini adalah: Anda harus yakin dengan pasokan Anda”.

Menurut laporan Reuters, impor minyak India melonjak ke rekor tertinggi dalam lima bulan terakhir pada Desember karena negara itu secara aktif meningkatkan pembelian minyak mentah Rusia. Sekitar 70% dari kargo minyak Rusia bulan Januari dikirim ke India, dan India adalah pembeli utama minyak Ural Moskow selama beberapa bulan.

Baik Cina maupun India telah meningkatkan pembelian minyak Rusia mereka setelah invasi Moskow ke Ukraina, memanfaatkan potongan harga. “Kami tidak membiarkan turbulensi geopolitik atau pandemi atau apa pun menghalangi kemampuan kami untuk memasok (energi) ke konsumen kami,” tambah Puri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement