Pertamina Siapkan Investasi Kilang Rp 15 T, Kebut RDMP Balikpapan

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Februari 2023, 13:58
pertamina, kilang, kilang balikpapan
PT Kilang Pertamina Balikpapan
RDMP Kilang Balikpapan.

PT Pertamina menyiapkan investasi atau belanja modal senilai US$ 1 milar atau sekira Rp 15,2 triliun pada 2023 untuk pengembangan kilang milik perusahaan.

Namun mayoritas dana tersebut akan dialokasikan untuk penyelesaian proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan yang ditargetkan bisa menjalani tahap pengujian pada 2024.

Wakil Direktur Strategi dan Investasi PT Pertamina, Daniel Syahputra Purba, mengatakan besaran porsi pendanaan kilang tahun ini relatif lebih kecil karena proyek New Grass Root Refinery (NGRR) Kilang Tuban yang belum masuk dalam tahap produksi.

Adapun pendanaan yang diperlukan untuk memperluas kapasitas pengolahan Kilang Balikpapan menjadi 360.000 barel per hari mencapai US$ 7,24 miliar.

"Tahun ini alokasi untuk kilang itu kurang lebih US$ 1 miliar, dan yang paling besar sebetulnya untuk Kilang Balikpapan," kata Daniel saat ditemui sepelas acara Energy dan Mining Outlook 2023 CNBC dikutip Jumat (24/2).

Sementara itu, uja Daniel, pembangunan Kilang Tuban masih dalam tahap penyiapan lahan dan pengurukan. Sehingga perseroan belum melakukan pengadaan barang yang ditujukan secara khusus untuk Kilang Tuban. "Karena belum mulai konstruksi, invetasi itu akan besar serapannya jika sudah ada konstruksi," ujar Daniel.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...