Harga Batu Bara Terus Merosot ke Level Terendah Sejak Januari 2022

Happy Fajrian
9 Maret 2023, 16:51
harga batu bara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/2/2023).

Harga batu bara terus merosot hingga ke level terendahnya sejak Januari 2022 seiring kekhawatiran lemahnya permintaan. Berbagai lembaga keuangan dunia memproyeksikan harga batu bara tahun ini akan lebih rendah dibandingkan rekor yang dicapai pada 2022.

Saat ini harga batu bara di ICE Newcastle, Australia, untuk pengiriman April 2023 berada pada level US$ 182,25 per ton. Di Dalian Commodity Exchange, Cina, harga batu bara kokas ada di level US$ 275,15 per ton, dan di Zhengzhou Commodity Exchange harga batu bara termal April US$ 115,57.

Administrasi Informasi Energi AS mengatakan permintaan batu bara, sumber energi penting, kemungkinan akan tumbuh di Asia meskipun Eropa dapat mengurangi ketergantungannya pada tahun 2025.

Baru-baru ini, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan konsumsi batu bara diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi dan tetap stabil hingga tahun 2025 ketika transisi ke alternatif bahan bakar bersih semakin cepat.

IEA mengatakan permintaan batu bara termal tetap tinggi di bagian lain Asia, seperti India dan Indonesia. Kepala Ekonom Australia memperkirakan harga acuan batubara termal Newcastle sekitar US$ 200 pada 2024.

Fitch Solutions Country Risk and Industry Research, sebuah unit riset dari Fitch Group, mengatakan menaikkan perkiraan harga batu bara kokas Australia dari US$ 300 per ton menjadi US$ 350.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...