Merosot Sejak Awal Tahun, Koreksi Harga Batu Bara Diramal Belum Usai

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Maret 2023, 16:45
harga batu bara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/2/2023).

Harga batu bara di ICE Newcastle terus menunjukkan tren menurun sejak awal tahun 2023. Harga hari ini, Kamis (2/3) di level US$ 193,5 per ton tercatat lebih rendah 5,3% dari harga pekan lalu yang berada di US$ 204,5 per ton.

Merosotnya harga emas hitam disebabkan oleh produksi batu bara di Cina yang lebih tinggi daripada tingkat serapan domestik. Kendati demikian, harga batu bara global tahun ini disebut masih akan tetap volatil.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia, menjelaskan bahwa harga batu bara tahun ini masih akan terus bergerak naik-turun mengikuti kondisi fluktuasi pasar.

Hendra menjelaskan, menurunnya harga batu bara secara konsisten dalam beberapa waktu belakangan disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya persediaan batu bara di Cina melebihi tingkat permintaan dalam negeri.

Sebagai produsen sekaligus konsumen batu bara terbesar di dunia, tingkat produksi dan konsumsi batu bara di Cina ikut memengaruhi pergerakan harga batu bara global.

"Di awal tahun tren harga menunjukkan penurunan, kemungkinan disebabkan beberapa faktor seperti persediaan di Tiongkok cukup banyak karena recovery aktivitas tambang di sana cukup tinggi," kata Hendra kepada Katadata.co.id, Kamis (2/3).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...