Belum Daftar MyPertamina, Beli Pertalite Dibatasi Maksimal 20 Liter

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Mei 2023, 19:30
pertalite, mypertamina, pertamina, bbm bersubsidi, subsidi bbm
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/foc.
Petugas melayani pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Kota Bnegkulu, Provinsi Bengkulu, Jumat (31/3/2023).

Pertamina mulai melaksanakan uji coba pengetatan distribusi BBM bersubsidi jenis Pertalite di empat wilayah di Indonesia, yakni di Nanggroe Aceh Darussalam, Bangka Belitung, Bengkulu dan Kabupaten Mimika.

Di empat wilayah tersebut pembelian Pertalite dipatok maksimal 20 liter bagi pelanggan yang belum mendaftarkan program subsidi tepat MyPertamina. Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menyampaikan bahwa uji coba ini merupakan tindak lanjut dari masa sosialisasi MyPertamina sejak Juni 2022 lalu.

“Bagi yang sudah mendaftar, pembeli Pertalite bisa beli seperti biasa tanpa batasan, namun dalam jumlah wajar,” kata Irto kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat pada Kamis (25/5).

Irto menjelaskan, uji coba seleksi konsumen penerima Pertalite itu merupakan inisiatif perusahaan sembari menunggu payung hukum tetap dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Pertamina menerapkan pembelian BBM bersubsidi dengan skema full registran di wilayah DKI Jakarta mulai Kamis (25/5). Dengan mekanisme tersebut, konsumen harus sudah terdaftar di MyPertamina.

Dengan skema full registran, konsumen bisa membeli BBM bersubsidi meski tidak menunjukan QR Code yang pendaftaran MyPertamina. Sedangkan yang belum terdaftar tidak dapat dilayani.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...