Pertamina akan Luncurkan BBM Bioetanol, ESDM Kumpulkan Produsen Etanol

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Juni 2023, 18:41
pertamax, bioetanol, bbm, bbn, bahan bakar nabati
ANTARA FOTO/Andri Saputra/rwa.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax ke sepeda motor di salah satu SPBU Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu (4/1/2023).

Kementerian ESDM telah mengkonsolidasikan beberapa produsen etanol yang tergabung dalam Asosiasi Penyalur Spiritus dan Ethanol Indonesia (Apsendo) menyusul rencana Pertamina untuk mengedarkan BBM jenis baru dari campuran Pertamax dengan bahan bakar nabati bioetanol pada bulan ini.

Langkah tersebut ditujukan untuk menjamin kepastian produksi BBM bioetanol tidak mengganggu suplai tetes tebu untuk industri pangan, khususnya gula.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, mengatakan bahwa saat ini terdapat sebelas badan usaha bahan bakar nabati atau BU BBN penghasil etanol yang tergabung dalam Apsendo.

Gabungan sebelas BU BBN itu sanggup memproduksi etanol hingga potensi kapasitas 337.500 kiloliter (KL). Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari selisih kemampuan produksi bioetanol domestik untuk bahan bakar kendaraan atau fuel grade dari tiga produsen berkapasitas 63.000 KL.

"Jadi tidak ada kekhawatiran bahwa program Bioetanol akan mengganggu sektor pangan," kata Dadan lewat pesan singkat pada Jumat (9/6).

Guna menebalkan cadangan pasokan bioetanol dalam negeri, pemerintah juga sedang merumuskan Peraturan Presiden (Perpres) terkait percepatan swasembada gula dan penyediaan bioetanol.

Alasannya, produksi bioetanol saat ini masih terkonsentrasi dari bahan baku tetes tebu atau molasses yang merupakan produk sampingan dari produksi gula. "Untuk keperluan ini, bioetanol akan disuplai oleh BU BBN dengan bahan baku dari molasses," ujar Dadan.

Dadan menambahkan, Kementerian ESDM belum menentukan alokasi atau kuota etanol sebagai campuran Pertamax karena tidak ada insentif selisih harga yang diberikan seperti implementasi program biodiesel B35.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...