Survei Ipsos: Shopee Rajai E-commerce RI, Ungguli Tokopedia dan Lazada

Fahmi Ahmad Burhan
3 Februari 2022, 16:16
shopee, tokopedia, lazada, e commerce
Shopee
Petugas Shopee saat mengantarkan pesanan pertama saat pesta diskon 12.12 atau harbolnas dalam 53 menit setelah pemesanan.

Survei perusahaan riset asal Prancis, Ipsos, menunjukkan bahwa Shopee menjadi e-commerce paling banyak digunakan di Indonesia. Capaian Shopee itu terdorong oleh kinerja ciamik saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan strategi menggaet usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ipsos melakukan survei secara daring/online dengan melibatkan 1.000 responden berusia 18 - 35 tahun. Survei digelar tidak hanya di kota tier 1 seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya, tetapi juga di kota-kota tier 2 dan tier 3.

Advertisement

Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia Andi Sukma mengatakan, Ipsos melakukan survei untuk menilai penggunaan tiga e-commerce, yakni Shopee, Tokopedia, dan Lazada di masyarakat.

"Kami menggunakan empat indikator dalam menilai, yakni brand use most often (BUMO), top of mind, penetrasi konsumen, dan nilai transaksi," kata Andi dalam siaran pers, hari ini (3/2).

Hasilnya, Shopee menguasai semua indikator mengalahkan Tokopedia dan Lazada. Pada indikator BUMO, 54% responden menggunakan Shopee. Kemudian Tokopedia (30%) dan Lazada (13%).

Pada indikator top of mind, 54% responden menilai Shopee sebagai e-commerce yang paling diingat. Kemudian Tokopedia (27%) dan Lazada (12%).

Untuk penetrasi pasar, 41% responden memilih Shopee. Kemudian Tokopedia (34%) dan Lazada (16%). Sedangkan pada nilai transaksi, Shopee mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi 40%, Tokopedia 30% dan Lazada 16%.

Ipsos menilai, Shopee menjadi e-commerce paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terdorong oleh kinerja moncer Harbolnas 2021. 60% responden memilih Shopee saat hari puncak Harbolnas. Kemudian Tokopedia (26%) dan Lazada (11%).

Laporan internal Shopee tahun lalu juga menunjukkan adanya peningkatan kunjungan enam kali lipat selama Harbolnas dibandingkan hari biasa. E-commerce bernuansa oranye ini juga mencatatkan lebih dari 850 juta voucer diklaim selama Harbolnas 2021.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement