Qatar Airways Maskapai Terbaik, Awak Garuda Peringkat 4 Terbaik Dunia

Qatar Airways dinobatkan sebagai maskapai penerbangan terbaik dunia, sedangkan awak Garuda Indonesia menempati urutan keempat terbaik di dunia.
Image title
30 September 2021, 09:32
garuda indonesia, maskapai penerbangan, skytrax
@anneavantieheart / Instagram
Awak Garuda Indonesia dinobatkan sebagai awak pesawat terbaik keempat di dunia. Sedangkan Qatar Airways menjadi maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Tahun 2020 dan 2021 bukan tahun terbaik bagi industri penerbangan dunia. Pandemi Covid-19 membuat jumlah penumpang anjlok karena banyak negara menutup perbatasan dan melarang warganya bepergian.

Meski demikian, salah satu maskapai penerbangan asal Timur Tengah, Qatar Airways menempati posisi teratas dalam peringkat terbaru maskapai penerbangan terbaik dunia versi Skytrax World Airline Awards.

Penilaian berdasarkan survei pelanggan yang berlangsung dari September 2019 hingga Juli 2021. Penghargaan ini terdiri dari gabungan waktu perjalanan pada kondisi normal yang dikombinasikan dengan beberapa perjalanan selama pandemi Covid-19.

Ini adalah keenam kalinya Qatar Airways dinobatkan menjadi maskapai terbaik dunia. Nomor dua di daftar ini jatuh ke Singapore Airlines, ANA All Nippon Airways ada di nomor tiga, disusul oleh Emirates dan Japan Airlines pada posisi empat dan lima berturut-turut.

Qatar Airways juga meraih titel Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Kursi Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Maskapai Penerbangan Terbaik di Timur Tengah, Ruang Tunggu Maskapai Kelas Bisnis Terbaik Dunia, dan Katering Kelas Bisnis Terbaik.

"Kami tidak pernah meninggalkan pelanggan setia kami. Ketika mereka sangat membutuhkan kami, kami terus terbang dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk memberikan jaminan yang kuat bagi para pelancong," kata CEO Qatar Airways Akbar Al-Baker dalam sebuah pernyataan, dikutip Kamis (30/9).

Ia juga menambahkan bahwa, "kami terus berinovasi untuk memastikan kami tetap menjadi maskapai pilihan bagi jutaan penumpang di seluruh dunia".

Sementara itu, CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan, penghargaan yang dimenangkan enam kali berturut-turut ini membuktikan bahwa Qatar Airways telah mempertahankan standar inovasi dan standar layanan yang tinggi, baik di masa yang lebih normal maupun saat pandemi global.

"Dinobatkan sebagai Maskapai Terbaik Dunia 2021 merupakan pengakuan besar atas standar tinggi Qatar Airways, dan memenangkan penghargaan tertinggi ini untuk keenam kalinya merupakan pencapaian luar biasa. Kami mengucapkan selamat kepada Qatar Airways atas kesuksesan unik ini," ujarnya.

Di tempat kedua, Singapore Airlines juga dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik di Asia, dan memenangkan kategori Awak Kabin Terbaik, Kelas Satu Terbaik Dunia, Kursi Kelas Satu Terbaik Dunia, dan Katering Onboard Kelas Ekonomi Terbaik.

Dalam kategori awak kabin terbaik, maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia menempati posisi ke-empat, di atas Japan Airlines.

Kemudian di tempat ketiga, ANA Al Nippon Airways juga dinobatkan sebagai rumah dari Kabin Maskapai Terbersih di Dunia, Layanan Bandara Terbaik Dunia, Staf Maskapai Terbaik di Asia dan Ruang Tunggu Kelas Satu Terbaik di Asia.

“Ada beberapa pergerakan naik turun dibandingkan hasil 2019, meskipun inti dari maskapai penerbangan masih mendominasi posisi yang lebih tinggi ini,” tulis Skytrax.

Seperti Japan Airlines yang pada tahun 2019 tidak masuk dalam 10 besar, namun tahun ini menempati posisi ke-5. Sementara itu, Lufthansa dan Thai Airways yang berada di urutan sembilan dan 10 pada 2019, tahun ini turun masing-masing menjadi posisi 13 dan 23.

Lalu, Saudi Arabian Airlines memenangkan penghargaan 2021 sebagai Maskapai Penerbangan Paling Berkembang Dunia, mengungguli Rwandair di posisi ke-2 dan JetSmart di posisi ke-3. Ini adalah penghargaan utama yang mencerminkan peningkatan Kualitas maskapai penerbangan di seluruh program penghargaan, mengevaluasi perubahan maskapai dalam peringkat global, dan peningkatan kinerja maskapai di berbagai kategori penghargaan.

Maskapai penerbangan hemat Singapura Scoot dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Jarak Jauh Terbaik Dunia, sementara maskapai penerbangan Spanyol Vueling Airlines memenangkan Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik di Eropa, mengalahkan EasyJet.

Berikut daftar lengkap maskapai terbaik dunia 2021 versi Skytrax:

Maskapai Terbaik di Dunia 2021:

  1. Qatar Airways
  2. Singapore Airlines
  3. ANA All Nippon Airways
  4. Emirates
  5. Japan Airlines
  6. Cathay Pacific
  7. EVA Air
  8. Qantas Airways
  9. Hainan Airlines
  10. Air France

Awak Kabin Terbaik Dunia 2021:

  1. Singapore Airlines
  2. ANA All Nippon Airways
  3. Thai Airways
  4. Garuda Indonesia
  5. Japan Airlines
  6. Hainan Airlines
  7. EVA Air
  8. Asiana Airlines
  9. Cathay Pacific Airways
  10. Qatar Airways

Maskapai Terbersih di Dunia 2021:

  1. ANA All Nippon Airways
  2. Singapore Airlines
  3. Japan Airlines
  4. Qatar Airways
  5. EVA Air
  6. Cathay Pacific Airways
  7. Asiana Airlines
  8. Korean Ai
  9. Hainan Airlines
  10. Swiss International Air Lines

Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia 2021:

  1. AirAsia
  2. Southwest Airlines
  3. Scoot
  4. Vueling Airlines
  5. IndiGo
  6. EasyJet
  7. Jetstar Airways
  8. Ryanair
  9. Jetstar Asia
  10. Flynas

Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Jarak Jauh Terbaik Dunia 2021:

  1. Scoot
  2. Jetstar Airways
  3. Air Canada rouge
  4. LEVEL
  5. French Bee

Maskapai Penerbangan Paling Berkembang di Dunia 2021:

  1. Saudi Arabian Airlines
  2. RwandAir
  3. JetSmart
  4. Vistara
  5. Vueling Airlines
  6. Scoot
  7. Xiamen Airlines
  8. Flynas
  9. Air France
  10. Turkish Airlines

Maskapai dengan Hiburan Dalam Penerbangan Terbaik 2021:

  1. Emirates
  2. Singapore Airlines
  3. Qatar Airways
  4. Delta Air Lines
  5. Virgin Atlantic
  6. Qantas Airways
  7. Turkish Airlines
  8. United Airlines
  9. Etihad Airways
  10. Air France

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait