Survei KIC-Stockbit: Investasi Saham Populer di Kalangan Gen Y dan Z

Happy Fajrian
6 Desember 2021, 10:45
investasi, saham, katadata insight center, reksadana, emas
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi Generasi Y dan Z atau milenial.

Hasil survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) dan Stockbit, bekerja sama dengan Zigi.id menunjukkan bahwa kalangan Gen Z dan Gen Y atau milenial semakin tertarik untuk berinvestasi pada saham dan reksadana dalam dua tahun terakhir.

Survei ini dilakukan terhadap 806 investor saham dan 613 investor reksadana. Sebanyak 41,3% generasi milenial mengaku mulai membeli saham pada 1-2 tahun terakhir. Sedangkan kelompok usia Gen Z terdapat 48,1% yang mengaku baru mulai membeli saham kurang dari satu tahun terakhir.

Manajer Riset KIC Vivi Zabkie mengatakan, survei menganalisis perilaku investor muda dan perilaku pembelian jenis investasi dari demografi lainnya. Survei menunjukkan proporsi yang cenderung seimbang antara investor saham dengan investasi cukup besar (lebih dari Rp 50 juta) dan yang relatif kecil (kurang dari Rp 5 juta).

"Namun, laki-laki dan Gen X umumnya memiliki saham dengan jumlah besar (lebih dari Rp 50 juta), sementara perempuan serta mereka yang berusia muda lebih banyak yang memiliki saham dengan jumlah kecil,” kata Vivi, Senin (6/12).

Investor saham dalam survei ini yang dominasi responden dari kelompok usia muda ini mengatakan mereka melakukan investasi setiap mendapat dana lebih (47,6%). Namun ada pula yang melakukannya rutin setiap bulan (27,2%) dan saat pasar sedang bagus (20,0%).

Saham perusahaan sektor finansial merupakan saham yang paling banyak pernah dibeli sekaligus menjadi saham favorit para investor ini. Posisi berikutnya ditempati oleh sektor pertambangan dan consumer goods.

"Menarik melihat preferensi setiap generasi dalam memilih jenis investasi. Bahkan dalam memilih platform pembelian saham pun beda," ujar Vivi. Platform pembelian saham yang tumbuh beberapa tahun terakhir cenderung digunakan kelompok usia lebih muda dibanding platform yang sudah ada lebih lama.

Pada kelompok investor reksa dana, kelompok usia muda juga terlibat banyak membeli investasi ini dalam dua tahun terakhir. Perempuan dan Gen Z paling banyak masuk dalam kategori ini. Sementara Gen X cukup banyak yang telah berinvestasi reksadana selama lebih dari 5 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...