Erick Thohir Angkat Achmad Ardianto Jadi Dirut Timah

Image title
23 Desember 2021, 14:34
pt timah tbk, erick thohir, rupslb
Katadata | Arief Kamaludin
PT TImah Tbk.

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Achmad Ardianto sebagai Direktur Utama PT Timah Tbk menggantikan M. Riza Pahlevi Tabrani. Hal tersebut disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Tahun Buku 2021 yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kamis (23/12).

Achmad Ardianto sebelumnya menjabat sebagai mantan Direktur Utama PT Garam (Persero) Tbk. Pada rapat tersebut juga terdapat perubahan pada pada posisi Direktur Keuangan yang semula dijabat oleh Wibisono digantikan oleh M. Krisna Sjarif.

Kemudian, posisi Direktur SDM semula dijabat oleh Muhammad Rizki digantikan oleh Yennita. Lalu, ada juga pergeseran posisi pada Direktur Operasi yang semula dijabat oleh Agung Pratama berganti dengan Alwin Albar, Direktur Pengembangan Usaha yang semula dijabat oleh Alwin Albar digantikan oleh Purwoko.

Sementara itu, perubahan nomenklatur juga dilakukan dengan penghapusan Direktur Niaga pada perusahaan. RUPS LB juga menetapkan pengurus baru di jajaran komisaris TINS.

Pemegang saham memberhentikan dengan hormat Rudy Suhendar selaku komisaris untuk kemudian dilakukan perubahan dengan penambahan, Yudo Dwinanda Priadi dan Danny Praditya sebagai Komisaris.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar Baswedan menyampaikan, perubahan pengurus di tubuh perusahaan merupakan sesuatu yang lumrah. Penyegaran tersebut semata-mata dilakukan berorientasi kepada kinerja perusahaan, dimana kedepan kondisi pertimahan diprediksi akan semakin kompetitif dan dinamis.

"Dalam setiap entitas usaha, Perubahan susunan pengurus dan nomenklatur merupakan hal yang umum dilakukan dan hal ini juga bagian dari pelaksanaan tata kelola perusahaan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12).

Abdullah meyakini Kementerian BUMN memiliki pertimbangan yang matang dalam menentukan sosok-sosok yang akan mengelola TINS beberapa tahun ke depan. Dia pun mengucapkan terima kasih atas pengabdian pengurus perusahaan yang lama.

"Dengan penyesuaian ini tentunya PT Timah siap untuk terus melanjutkan visi perusahaan dibawah arahan jajaran Direksi yang telah mendapat penugasan oleh pemegang saham," ujarnya.

Berikut, Susunan Kepengurusan PT TIMAH Tbk Hasil Keputusan RUPSLB Kamis, 23 Desember 2021:

DIREKSI

Direktur Utama: Achmad Ardianto
Direktur Operasi: Alwin Albar
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: M. Krisna Sjarif
Direktur SDM: Yennita
Direktur Pengembangan Usaha: Purwoko
 

KOMISARIS

Komisaris Utama/ Independen: M. Alfan Baharuddin
Komisaris Independen: Agus Rajani Panjaitan
Komisaris Independen: Satriya Hari Prasetya

Catatan Kinerja PT Timah

Hingga kuartal III 2021 PT Timah mampu merealisasikan peningkatan kinerja keuangan yang signifikan dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 612 miliar. Capaian membalikkan kinerja setahun sebelumnya yang merugi sebesar Rp 255 miliar.

Perseroan juga mencatat peningkatan profitabilitas yang signifikan dengan capaian EBITDA sebesar Rp 1,8 triliun, naik 108% secara tahunan (year on year /yoy) dari Rp 870 miliar dan EBITDA Margin sebesar 18,7% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebesar 7,3%.

Adapun, produksi bijih timah mencapai 17.929 ton atau turun 48% dari 34.614 ton pada kuartal III tahun lalu. Sebesar 44% berasal dari penambangan darat, dan 56% berasal dari penambangan laut.

Berbanding lurus dengan produksi bijih timah, produksi logam timah mencapai 19.120 metrik ton, turun 49% dari 37.588 metrik ton periode yang sama tahun lalu. Turunnya produksi ini terkait dengan adanya pandemi Covid-19 dan dinamika penambangan bijih timah di darat.

Sementara, penjualan timah mencapai 19.059 metrik ton, turun 58% dari 45.548 metrik ton. Meskipun volume penjualan menurun, perseroan mencatatkan harga jual rerata logam timah pada sebesar US$ 30.158 per metrik ton atau naik 79% dibandingkan kuartal III 2020 di level US$ 16.832 per metrik ton.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait