Jokowi: Bendungan Ciawi dan Sukamahi akan Kurangi Banjir di Jakarta

Hari Widowati
26 Desember 2018, 10:52
Jokowi Bendungan Cimahi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018). Pembangunan Bendungan Sukamahi yang memiliki volume tampung 1,68 juta meter kubik serta Bedungan Ciawi sebesar 6,45 juta meter kubik tersebut diharapkan dapat mencegah banjir kiriman ke Ibu Kota yang berasal dari Bogor dan ditargetkan selesai pada 2019.

Pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat ditargetkan tuntas pada 2019. Kedua bendungan tersebut diperkirakan dapat mengurangi potensi banjir di Jakarta, minimal sebesar 30%.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan kedua bendungan tersebut merupakan salah satu antisipasi banjir di Jakarta yang dikerjakan di hulu. Hal ini harus diikuti dengan proses antisipasi banjir di hilir dengan normalisasi Ciliwung, pembangunan sodetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT), pembuatan sumur resapan, dan pembersihan drainase.

Advertisement

"Kalau semua itu dikerjakan, Insya Allah mengurangi banjir. Contoh, di Sukamahi diperkirakan mengurangi banjir di Jakarta 30%," kata Jokowi ketika meninjau pembangunan Bendungan Ciawi Kabupaten Bogor, Rabu (26/12). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul.

Proses pembebasan lahan untuk pembangunan kedua bendungan tersebut saat ini mencapai 50% dan ditargetkan selesai pada Januari 2019. "Sama dengan yang di Sukamahi, di Ciawi juga masih proses pembebasan lahannya tetapi tadi disampaikan, Januari 2019 sebagian besar akan terselesaikan, tinggal pembayaran," kata Jokowi.

Lancarnya proses pembebasan lahan menjamin proses konstruksi bendungan berjalan terus. "Tidak ada informasi kesulitan yang masuk ke saya dalam pembangunan bendungan ini," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement