TKN Jokowi-Ma'ruf: Pembangunan Infrastruktur Komitmen Pemerintah

Dimas Jarot Bayu
29 November 2018, 09:01
To Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menilai pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah merupakan bagian dari komitmen perbaikan ekonomi Indonesia. Pembangunan infrastruktur bukan sekadar modal Jokowi dalam kampanye Pemilihan Presiden 2019 tetapi juga upaya untuk mendukung investasi dan meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia.

Juru bicara TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arif Budimanta, mengatakan pembangunan infrastruktur dalam konteks ekonomi adalah instrumen untuk menstabilkan harga. "Makanya Presiden selalu mendorong supaya kita berkompetisi, supaya harga kita murah, dwelling (time) kita perbaiki," kata Arif di Megawati Institute Jakarta, Rabu (28/11).

Advertisement

Pembangunan infrastruktur dapat menguntungkan bagi petani maupun konsumen. Dia mencontohkan, harga komoditas pertanian dari Sukabumi ke Pasar Kramat Jati, Jakarta selama ini kerap dikeluhkan karena jarak tempuhnya dapat mencapai 6-8 jam.

Dengan adanya pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), jarak tempuh distribusi komoditas pertanian tersebut menjadi semakin pendek. Alhasil, harga-harga komoditas tak lagi memakan biaya tinggi dan menjadi murah ketika sampai di pasar Kramat Jati.

Lebih lanjut, Arif menilai pembangunan infrastruktur dimaksudkan untuk membangun konektivitas sosial dan keadilan antarwilayah. Hal ini sebagai bagian dari membangun peradaban Indonesia.

Adapun penyampaian terkait capaian pembangunan infrastruktur menjadi tugas pemerintah kepada masyarakat. "Itu mandat di UUD, APBN harus dilakukan secara akuntabel, secara bertanggung jawab," kata Arif.

(Baca: Selain Lebaran, Jokowi Kejar Target Bangun Tol untuk Pemilu)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement