8 Tempat Wisata Sabang dengan Pemandangan Alam yang Asri

Terletak di Provinsi Aceh, Kota Sabang terdiri dari gugusan pulau dengan keindahan yang mengesankan. Simak rekomendasi tempat wisata Sabang berikut ini.
Image title
8 Oktober 2021, 11:23
Keindahan Pantai Sumur Tiga, salah satu tempat wisata Sabang yang memukau
disbudpar.acehprov.go.id
Keindahan Pantai Sumur Tiga, salah satu tempat wisata Sabang yang memukau

Jika Anda berkelana menuju bagian paling barat Indonesia, Anda akan sampai di wilayah Kota Sabang. Secara administratif, Kota Sabang termasuk dalam Provinsi Aceh. Wilayah Kota Sabang meliputi Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo, dengan luas sebesar 153 km persegi menurut data Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Pesona Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh telah terkenal sejak zaman dahulu. Dalam buku “Senandung Sabang” oleh Wayan Jengki Sunarta, Pulau Weh dikenal sebagai pulau keemasan (The Golden Island), sebuah istilah yang dipopulerkan oleh ahli bumi Yunani, Ptolomacus, pada tahun 301 SM.

Nama ‘Sabang’ berasal dari bahasa Arab Shabag, yang artinya ‘gunung meletus’ karena kawasan Sabang banyak terdapat gunung berapi yang masih aktif hingga kini. Pusat kawah gunung berapi tersebut berada di kawasan Pegunungan Jaboi dan di dasar Laut Pria Laot.

Keindahan tempat wisata Sabang tak lepas dari pesona alam yang memukau. Sebagai kotal dengan gugusan pulau dalam wilayahnya, Sabang memiliki daya tarik wisata alam yang asri dengan pantai serta laut yang jernih.

Berwisata ke Sabang dapat menjadi pilihan tepat untuk melepas lelah. Berikut ini tempat wisata Sabang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Sumur Tiga

Wisata Sabang ini merupakan pantai indah yang terletak di Gampong Le Meulee, Pulau Weh. Pantai yang berpasir putih ini memiliki panorama alam yang memesona. Pantai Sumur Tiga dilengkapi fasilitas pendukung, seperti diving dan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

Pantai Sumur Tiga dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Kota Sabang. Asal nama Pantai Sumur Tiga adalah keberadaan tiga sumur air tawar disana. Pasir di Pantai Sumur Tiga sangat cantik, berkilau, dan lembut. Air lautnya jernih dengan warna biru yang cemerlang. Di pantai ini juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang berupa benteng.

2. Pantai Iboih

Panorama Pantai Iboih di Kota Sabang
Panorama Pantai Iboih di Kota Sabang (bcsabang.beacukai.go.id)

 

Pantai Iboih terletak di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Deretan kios-kios cenderamata, warung makanan dan minuman, penyewaan snorkeling dan diving, bar dan restoran berjajar di sekitar pantai.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia bungalow dan homestay di sepanjang jalan yang berbatasan langsung dengan pantai. Wisata Sabang ini memiliki panorama bawah laut yang mengagumkan.

Untuk menikmatinya, pengunjung dapat beraktivitas snorkeling atau diving. Alat-alatnya tersedia untuk disewa dengan harga beragam. Keindahan bawah laut itu bisa juga dinikmati dari atas perahu besar yang berlantaikan kaca sehingga kita tak perlu menyelam atau berenang.

Laut sekitar Pantai Iboih menampilkan warna biru dan pirus yang indah dan jernih. Di dekat pantai terdapat hutan lindung yang rimbun. Wisatawan dapat menjelajahi hutan yang memiliki pepohonan tropis yang rimbun.

3. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah dapat dicapai menggunakan perahu dengan menyeberang dari Pantai Iboih sekitar 15 menit. Di pulau ini, pengunjung dapat menikmati kejernihan air dengan ragam ikan warna-warni di dalamnya.

Dalam buku “Senandung Sabang” dijelaskan nama ‘Rubiah’ diambil dari seorang wanita bernama Cut Nyak Rubiah yang dimakamkan di pulau ini. Wisata Pulau Rubiah saat ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Rubia meliputi bermain di pantai, snorkeling, menyewa perahu, dan berkeliling pulau. Terdapat tempat persewaan snorkeling serta warung yang dapat dikunjungi bagi wisatawan yang lapar atau haus.

4. Pulau Rondo

Pulau Rondo secara administratif berada di desa Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Wisata Sabang ini sepi dan tidak berpenghuni.

Di sekitar pulau terdapat hutan tropis basah yang ditumbuhi berbagai jenis vegetasi pohon, herba, dan semak belukar yang mengikat daratan ini.

Pulau Rondo memiliki berbagai jenis terumbu karang yang menakjubkan. Menurut Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, jenis karang yang dominan berupa karang keras (hard coral) sebanyak 32,2%, karang mati (dead coral) 19,6%, dan karang lunak (soft coral) 2,6%.

Jarak Pulau Rondo dengan Kota Sabang sekitar 15,6 km. Wisatawan dapat mengakses pulau menggunakan kapal motor dari beberapa tempat, antara lain dari Kelurahan Ujung Ba'u, Iboih, atau dari Kota Sabang.

5. Pantai Gapang

Wisata Pantai Gapang di Kota Sabang
Wisata Pantai Gapang di Kota Sabang (disbudpar.acehprov.go.id)

 

Berlokasi sekitar 17 km dari kota Sabang, wisata Pantai Gapang dapat ditempuh dari Sabang atau dari Pelabuhan Balohan dengan menyewa kendaraan atau menggunakan angkutan umum.

Menyelam dan snorkeling menjadi kegiatan pilihan yang ditawarkan di Pantai Gapang. Untuk snorkeling, pengunjung dapat menyewa alat yang disediakan di sekitar pantai dan resort sekitar. Di Pantai Gapang juga terdapat pusat olah raga selam atau dive center yang beroperasi.

Wisatawan dapat beristirahat di berbagai penginapan yang tersedia. Pilihan tempat makan juga menawarkan menu menarik, seperti restoran Gapang Jaya Restaurant, Zero, Buchari’s Limbo Restaurant, dan Barracuda Restaurant.

6. Tugu Kilometer Nol Indonesia (KNI)

MEMBANGKITKAN SEKTOR PARIWISATA EKONOMI KREATIF ACEH
Tugu Kilometer Nol Indonesia (KNI) (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/rwa.)

 

Tugu Kilometer Nol Indonesia (KNI) dibangun sebagai penanda titik paling barat wilayah NKRI. Tugu ini terletak di Ujong Ba’u, Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Tinggi tugu KNI sekitar 22 meter dan terdiri dari dua lantai.

Lantai dua berbentuk lingkaran dengan pilar-pilar penyangga. Puncak tugu dihiasi dua lingkaran yang saling bersilangan sebagai simbol mata angin. Masing-masing bidang lingkaran berhiaskan rencong (senjata tradisional Aceh) berukuran besar. Di puncak persilangan lingkaran terdapat ornamen burung garuda.

Dalam tugu KNI terdapat dua prasasti, yang ditandatangani oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Try Sutrisno, dan Menteri Riset dan Teknologi B.J. Habibie pada tahun 1997.

Prasasti pertama berisi penjelasan penetapan posisi geografis Kilometer Nol Indonesia yang diukur para pakar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggunakan teknologi global positioning system (GPS). Sedangkan prasasti kedua menjelaskan angka posisi geografis Kilometer Nol.

Keberadaan tugu KNI merupakan ikon Kota Sabang yang menarik. Wisata Sabang ini juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi. Letaknya yang dekat dengan laut cocok untuk menikmati pemandangan, terutama saat matahari terbenam.

7. Tugu Sabang-Merauke

Tugu Sabang-Merauke berada di Jalan Diponegoro, Kota Sabang, tepatnya di depan kantor Walikota Sabang. Di dekat tugu terdapat situs-situs bersejarah, antara lain, bunker Jepang dan bangunan peninggalan Belanda.

Pemandangan di sekitar tugu begitu memukau. Hamparan laut yang jernih berpadu dengan udara yang sejuk membuat wisata ini nyaman untuk dikunjungi. Sekitar tugu terdapat taman dengan bangku-bangku untuk bersantai.

8. Museum Sabang

Museum Sabang dikenal juga sebagai Museum Abad Kejayaan Sabang. Destinasi wisata ini terletak di Jalan Surapati, Kota Atas Sabang, bersebelahan dengan perumahan Sabang Maskapai.

Menurut buku “Senandung Sabang”, gedung museum ini pada zaman dahulu merupakan sebuah bangunan peninggalan Belanda milik Sabang Maskapai. Museum Sabang berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS). Museum ini diresmikan pada tanggal 2 Desember 2015 oleh Kepala BPKS, Ir. Fauzi Husen.

Demikian rekomendasi tempat wisata Sabang yang dapat dikunjungi. Sebagai wisatawan, perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan dan menaati tata tertib yang berlaku.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait