8 Tempat Wisata Sabang dengan Pemandangan Alam yang Asri

Image title
8 Oktober 2021, 11:23
Keindahan Pantai Sumur Tiga, salah satu tempat wisata Sabang yang memukau
disbudpar.acehprov.go.id
Keindahan Pantai Sumur Tiga, salah satu tempat wisata Sabang yang memukau

Jika Anda berkelana menuju bagian paling barat Indonesia, Anda akan sampai di wilayah Kota Sabang. Secara administratif, Kota Sabang termasuk dalam Provinsi Aceh. Wilayah Kota Sabang meliputi Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo, dengan luas sebesar 153 km persegi menurut data Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Pesona Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh telah terkenal sejak zaman dahulu. Dalam buku “Senandung Sabang” oleh Wayan Jengki Sunarta, Pulau Weh dikenal sebagai pulau keemasan (The Golden Island), sebuah istilah yang dipopulerkan oleh ahli bumi Yunani, Ptolomacus, pada tahun 301 SM.

Nama ‘Sabang’ berasal dari bahasa Arab Shabag, yang artinya ‘gunung meletus’ karena kawasan Sabang banyak terdapat gunung berapi yang masih aktif hingga kini. Pusat kawah gunung berapi tersebut berada di kawasan Pegunungan Jaboi dan di dasar Laut Pria Laot.

Keindahan tempat wisata Sabang tak lepas dari pesona alam yang memukau. Sebagai kotal dengan gugusan pulau dalam wilayahnya, Sabang memiliki daya tarik wisata alam yang asri dengan pantai serta laut yang jernih.

Berwisata ke Sabang dapat menjadi pilihan tepat untuk melepas lelah. Berikut ini tempat wisata Sabang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Sumur Tiga

Wisata Sabang ini merupakan pantai indah yang terletak di Gampong Le Meulee, Pulau Weh. Pantai yang berpasir putih ini memiliki panorama alam yang memesona. Pantai Sumur Tiga dilengkapi fasilitas pendukung, seperti diving dan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

Pantai Sumur Tiga dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Kota Sabang. Asal nama Pantai Sumur Tiga adalah keberadaan tiga sumur air tawar disana. Pasir di Pantai Sumur Tiga sangat cantik, berkilau, dan lembut. Air lautnya jernih dengan warna biru yang cemerlang. Di pantai ini juga terdapat situs sejarah peninggalan masa Jepang berupa benteng.

2. Pantai Iboih

Panorama Pantai Iboih di Kota Sabang
Panorama Pantai Iboih di Kota Sabang (bcsabang.beacukai.go.id)

Pantai Iboih terletak di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Deretan kios-kios cenderamata, warung makanan dan minuman, penyewaan snorkeling dan diving, bar dan restoran berjajar di sekitar pantai.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia bungalow dan homestay di sepanjang jalan yang berbatasan langsung dengan pantai. Wisata Sabang ini memiliki panorama bawah laut yang mengagumkan.

Untuk menikmatinya, pengunjung dapat beraktivitas snorkeling atau diving. Alat-alatnya tersedia untuk disewa dengan harga beragam. Keindahan bawah laut itu bisa juga dinikmati dari atas perahu besar yang berlantaikan kaca sehingga kita tak perlu menyelam atau berenang.

Laut sekitar Pantai Iboih menampilkan warna biru dan pirus yang indah dan jernih. Di dekat pantai terdapat hutan lindung yang rimbun. Wisatawan dapat menjelajahi hutan yang memiliki pepohonan tropis yang rimbun.

3. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah dapat dicapai menggunakan perahu dengan menyeberang dari Pantai Iboih sekitar 15 menit. Di pulau ini, pengunjung dapat menikmati kejernihan air dengan ragam ikan warna-warni di dalamnya.

Dalam buku “Senandung Sabang” dijelaskan nama ‘Rubiah’ diambil dari seorang wanita bernama Cut Nyak Rubiah yang dimakamkan di pulau ini. Wisata Pulau Rubiah saat ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Rubia meliputi bermain di pantai, snorkeling, menyewa perahu, dan berkeliling pulau. Terdapat tempat persewaan snorkeling serta warung yang dapat dikunjungi bagi wisatawan yang lapar atau haus.

4. Pulau Rondo

Pulau Rondo secara administratif berada di desa Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Wisata Sabang ini sepi dan tidak berpenghuni.

Di sekitar pulau terdapat hutan tropis basah yang ditumbuhi berbagai jenis vegetasi pohon, herba, dan semak belukar yang mengikat daratan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...