7 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Mempelajari ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea dapat membantu melatih kemampuan berbahasa. Simak pembahasannya beriku ini.
Image title
18 Oktober 2021, 13:41
Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea
Unsplash/Daniel Bernard
Ilustrasi bendera Korea Selatan yang dikibarkan

Kepopuleran Korea Selatan dalam dunia hiburan mampu menarik banyak penggemar. Melalui film dan drama Korea, penonton juga dapat belajar bahasa Korea.

Percakapan dalam bahasa Korea yang mungkin sering ditemui adalah ucapan selamat ulang tahun. Penggunaan ucapan tersebut mungkin dibutuhkan ketika idola Anda ulang tahun atau Anda memiliki beberapa teman dari Korea.

Apapun tujuannya, mempelajari ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea dapat melatih kemampuan dalam berbahasa Korea.

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Dikutip dari buku “Kamus Asyik Percakapan Sehari-hari Bahasa Korea” oleh Presillia Prihastuti, ulang tahun dalam bahasa Korea adalah 생일 (saengil).

Contoh ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea adalah sebagai berikut.

1. Selamat ulang tahun, ya (Saengil chukhahaeyo).

생일축하해요.

2. Selamat ulang tahun (Saengil chukhadeurimnida).

생일축하드립니다.

3. Selamat ulang tahun untuk Anda (Saengsin chukhadeurimnida).

생신축하드립니다.

4. Temanku yang paling penting, selamat ulang tahun (Sojunghan nae chingu, saengil chukhahae).

소중한내친구,생일축하해.

5. Selamat atas ulang tahunmu (Saengil jinsimeuro chukhahaeyo.).

생일진심으로축하해요.

6. Aku harap akan selalu ada senyuman darimu. Selamat ulang tahun (Eonjena balgeun useum ganjikhalgeyo).

언제나 밝은 웃음 간직할게요. 생일 축하해요.

7. Selamat ulang tahun (Haepi beoseudei (Happy Birthday)).

해피 버스데이

Lirik Lagu Selamat Ulang Tahun Bahasa Korea

Lagu “Selamat Ulang Tahun” dalam bahasa Korea memiliki nada yang sama seperti dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Kanal YouTube Choi Sisters, kakak beradik dari Korea Selatan, menjelaskan lirik lagunya sebagai berikut.

생일 축하합니다 (Saeng il chukha ham ni da).

Selamat ulang tahun.

생일 축하합니다 (Saeng il chukha ham ni da).

Selamat ulang tahun.

사랑하는 nama orang- 씨 (Sarang haneun (nama orang)-shi).

Yang tercinta, (nama orang).

생일 축하합니다 (Saeng il chukha ham ni da).

Selamat ulang tahun.

Penjelasan Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Ucapan ulang tahun dalam bahasa Korea dibedakan menjadi ucapan formal dan informal seperti dilansir dari 90daykorean.com.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Formal

1. 생신을 축하드립니다 (Saengsineul chukadeurimnida)

Anda dapat menggunakan frasa ini saat mengucapkan "selamat ulang tahun" kepada orang yang jauh lebih tua dari Anda. Kata kerjanya di sini adalah chukahada yang berarti “merayakan” atau “mengucapkan selamat”.

Ini dikombinasikan dengan kata kerja deurida yang merupakan versi formal dari "memberi". Ucapan selamat ulang tahun ini digunakan untuk menunjukkan rasa hormat yang besar kepada orang yang Anda ucapkan. Anda mungkin menggunakan ucapan ini dengan orang tua atau profesor di universitas.

2. 생일 축하합니다 (Saeng il chukha ham ni da)

Ucapan di atas dapat digunakan jika Anda berada dalam situasi formal dan ingin mengucapkan “Selamat ulang tahun.” kepada seseorang yang lebih tua dari Anda atau seseorang yang tidak terlalu dekat dengan Anda.

3. 생일 축하해요 (Saengil chukhahaeyo)

Jika yang Anda inginkan hanyalah frasa dasar yang boleh digunakan di semua kesempatan, ini adalah ucapan yang dapat digunakan. Ucapan ini dapat digunakan ketika:

  • Orang yang Anda ajak bicara lebih tua dari Anda.
  • Anda tidak benar-benar dekat dengan orang itu.
  • Anda tidak yakin frasa mana yang akan digunakan.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Informal

Anda dapat menggunakan versi yang informal dari "selamat ulang tahun", yaitu 생일 축하해 (Saengil chukahae). Ucapan ini digunakan untuk seseorang yang dekat dengan Anda dan/atau lebih muda dari Anda.

Ritual Hwangap, Perayaan Ulang Tahun ke-61 di Korea Selatan

Merujuk pada publikasi Korean Cultural Center, di Korea Selatan, bayi berusia satu tahun setelah mereka lahir, karena periode bayi berada di dalam rahim juga dipertimbangkan untuk menghitung usia.

Ulang tahun seseorang yang ke-60 biasanya dirayakan dengan pesta besar karena usia tersebut dianggap telah memahami prinsip hidup di bumi. Dikutip dari artikel “Korean birthday rituals” dalam “Journal of Cross-Cultural Gerontology”, ritual hwangap adalah perayaan ulang tahun ke-61 menurut hitungan Korea, atau ulang tahun ke-60 menurut hitungan biasa.

Ritual ini menunjukkan kembalinya keberuntungan ke tahun kelahiran. Ini dianggap sebagai penanda yang sangat penting dalam hidup dan merupakan kali kedua dalam hidup orang Korea yang secara tradisional menandai tanggal lahir.

Ulang tahun ke-60 menandai transisi seorang individu dari peran aktif dalam keluarga dan masyarakat menjadi peran penasihat, semacam pensiun.

Ada tujuh unsur dalam ritual hwangap yang esensial, yaitu:

1. Dilakukan di rumah.

Karena rumah merupakan pusat kegiatan ritual di Korea.

2. Direncanakan bersama.

Anak-anak harus bersama merencanakan dan membiayai acara ini untuk kedua orang tuanya.

3. Membungkuk penuh.

Anak-anak diikuti kerabat yang lebih muda harus membungkuk penuh ke lantai di depan orang yang merayakan untuk menunjukkan rasa hormat mereka.

Setelah menunjukkan rasa hormat ini, mereka menyajikan arak beras kepada orang tua yang ulang tahun dan pasangannya. Dimulai dengan anak laki-laki (dan istri mereka) dalam urutan kelahiran dari yang tertua sampai yang termuda.

Pria membungkuk dua kali sementara wanita membungkuk empat kali untuk menunjukkan status inferior mereka. Adik dan sepupu dari orang yang berulang tahun juga membungkuk dalam urutan yang sama.

4. Meja berisi makanan khusus.

Ada meja yang menyediakan makanan upacara khusus, seperti kue beras, buah-buahan, dan kue kering. Makanan tersebut ditumpuk setinggi enam hingga dua belas inci. Di meja, orang yang berulang tahun dan pasangannya harus mengenakan pakaian upacara berwarna putih.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan penarikan diri dari dunia kerja ke gaya hidup yang lebih kontemplatif. Namun, jika orang tua dari yang berulang tahun masih hidup, mereka mengenakan pakaian berwarna cerah seperti saat ulang tahun pertama.

Mengenakan serba putih saat orang tua masih hidup akan ditafsirkan sebagai harapan kematian, karena merupakan warna pensiun dan duka.

5. Mengirim undangan resmi.

Undangan resmi dikirim oleh anak-anak dari seksagenarian kepada anggota keluarga besar dan teman-teman.

6. Hadiah, uang, dan layanan.

Para tamu akan menawarkan hadiah, uang, dan layanan, seperti menawarkan untuk membangun tenda atau membuat pakaian untuk yang berulang tahun.

7. Musik, nyanyian, dan tarian.

Dalam ritual hwangap, musik, nyanyian, dan tarian sering menjadi bagian dari agenda.

Demikian ulasan tentang ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait