Manfaat Jeruk Purut untuk Pria, Atasi Kebotakan dan Cegah Kutu Rambut

Image title
28 Oktober 2021, 11:12
Ilustrasi buah jeruk purut. Manfaat Jeruk Purut untuk Pria, Atasi Kebotakan dan Cegah Kutu Rambut
plantworldcollectionstt.com
Ilustrasi buah jeruk purut

Jeruk purut merupakan buah dari tanaman Citrus hystrix. Buah ini juga dikenal dengan nama Kaffir lime dalam bahasa Inggris.

Dalam buku “Florida's Best Herbs and Spices” oleh Charles R. Boning dijelaskan, jeruk purut merupakan tanaman asli Indonesia.  Jeruk purut juga banyak ditanam di seluruh Asia Tenggara.

Di antara genus citrus lainnya, jeruk purut memiliki kepekaan sedang terhadap dingin dan dapat tumbuh di daerah pesisir. Pohon jeruk purut dapat mencapai ketinggian sekitar enam meter.

Menurut buku “Tanaman Obat di Lingkungan Sekitar” terbitan Niaga Swadaya, manfaat buah jeruk purut digunakan untuk mengatasi influenza, badan lelah, membuat wangi rambut, serta mengatasi kulit bersisik dan mengelupas. Daun jeruk purut berkhasiat sebagai stimulan dan penyegar.

Manfaat Jeruk Purut untuk Pria

Kandungan jeruk purut bagi pria telah diteliti dalam “Journal of Complementary and Integrative Medicine” oleh Mayuree Tangkiatkumjai, dkk. Menurut penelitian, manfaat jeruk purut untuk pria dapat memperlambat timbulnya pola kebotakan dan memperkuat folikel rambut.

Aplikasi perasan dan daun jeruk purut dinilai cukup bermanfaat untuk perawatan rambut pada pria. Anda dapat mengoleskan ramuan dan campuran ke kulit kepala untuk melembabkan kulit dan mencegah ketombe sehingga rambut sehat dan kilau.

Dilansir dari Medical Encyclopedia dalam MedlinePlus, pola kebotakan pria terkait dengan gen dan hormon seks pria. Biasanya, kebotakan terjadi mengikuti pola garis rambut. Umumnya, kebotakan terjadi ketika folikel rambut menyusut seiring waktu.

Akibatnya, rambut menjadi lebih pendek dan halus dan pada akhirnya folikel tidak menumbuhkan rambut baru.

Menurut publikasi University of Rochester Medical Center, rata-rata jumlah helai rambut pada kulit kepala manusia berkisar antara 90.000 hingga 150.000. Kulit kepala yang sehat kehilangan 100 helai rambut setiap hari. Kerontokan ini merupakan bagian dari siklus normal pertumbuhan rambut.

Setiap helai tumbuh dengan kecepatan sekitar setengah 1,27 sentimeter per bulan. Setelah menyelesaikan pertumbuhannya, untaian rambut akan beristirahat, lalu rontok. Helai baru mulai tumbuh dalam waktu 6 bulan.

Pada usia 60 tahun, lebih dari dua pertiga pria akan mengalami kebotakan atau mengalami kerontokan rambut. Para peneliti tidak sepenuhnya memahami proses kebotakan, tetapi tahu bahwa hormon testosteron pria memainkan peran penting.

Faktor keturunan juga menentukan apakah seorang pria akan mengalami kebotakan sebagian atau seluruhnya. Istilah medis untuk pola kebotakan pria adalah androgenetic alopecia.

Manfaat Jeruk Purut untuk Ketombe

Jeruk purut memiliki kandungan meliputi flavonoid, minyak atsiri, saponin, steroid triterpenoid dan sebagainya. Menurut karya tulis ilmiah oleh Sri Rejeki Sinaga dari Universitas Diponegoro, kandungan tersebut banyak digunakan sebagai antifungi dan antibakteri untuk mengatasi ketombe.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...