23 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, Diet, dan Wajah

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 23:59
23 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan, Diet, dan Wajah
Antara Foto / Dedhez Anggara
Seorang petani sedang memanen jeruk segar di kebun di Desa Segeran, Indramayu, Jawa Barat.

Jeruk merupakan buah yang sangat populer di Indonesia, serta memiliki beragam jenis. Selain itu, manfaat jeruk juga bisa dirasakan hanya dengan mengonsumsinya, karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Kandungan Jeruk

Ada beberapa nutrisi, vitamin, dan mineral pada jeruk yang berperan penting menjaga kesehatan tubuh. Beberapa kandungan tersebut seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, niasin, kalsium, fosfor, kalium, besi, tembaga, seng, dan karoten. Kandungan yang lengkap tersebut membuat buah ini sering diincar untuk menjaga kesehatan. Jeruk juga kerap dikonsumsi saat seseorang sedang sakit, karena kandungan gizi di dalamnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Jeruk yang Asam

Buah yang identik dengan rasa manis cenderung masam ini ternyata memiliki banyak manfaat. Bahkan jeruk masam yang tak semua orang suka, ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut daftar manfaat jeruk dengan rasa asam.

1. Sebagai obat hemostatik

Jeruk memiliki manfaat menghentikan pendarahan. Mengaplikasikan jeruk nipis yang rasanya masam pada bagian tubuh yang memiliki luka, bisa mempercepat penyembuhan luka melalui penghentian peradangan.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jeruk lainnya yakni, bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hipertensi atau darah tinggi seringkali menjadi masalah kesehatan banyak orang. Dengan mengonsumsi jeruk, ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah, bahkan bisa mengatasi penyumbatan pada arteri. Vitamin C dalam buah ini ampuh mengatasi hipertensi.

3. Melancarkan pencernaan

Untuk menjaga kesehatan pencernaan dibutuhkan kandungan air yang cukup. Jeruk merupakan salah satu buah dengan banyak kandungan air. Bahkan dalam jeruk berukuran kecil saja memiliki kandungan air sebanyak 87 gram. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan serat yang mudah larut sehingga membantu usus dalam menyerap cairan. Serat ini juga yang membantu melancarkan organ pencernaan.

4. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Manfaat jeruk selanjutnya yaitu menurunkan risiko diabetes. Kandungan serat di dalam jeruk ternyata memiliki peran besar untuk mengurangi risiko penyakit ini. Serat pada jeruk juga membantu tubuh meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Apabila kandungan insulin dalam tubuh kurang, maka bisa menjadi penyebab diabetes tipe dua.

5. Mencegah risiko anemia

Anemia atau kekurangan darah bisa dicegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan rutin mengonsumsi jeruk. Buah ini menjadi salah satu sumber zat besi alami yang dibutuhkan untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dan asam sitrat yang cukup tinggi pada jeruk, bisa membantu proses penyerapan zat besi di saluran pencernaan. Jika zat besi diserap tubuh banyak, maka risiko anemia bisa dihindari.

6. Memelihara kesehatan jantung

Jeruk memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Senyawa ini juga memiliki peran untuk melindungi jantung. Selain itu, manfaat jeruk bisa menurunkan kolesterol jahat yang berpotensi menyebabkan sakit jantung.

7. Mencegah batu ginjal

Manfaat jeruk yang asam selanjutnya yakni bisa mencegah penyakit batu ginjal. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam jeruk berperan untuk mencegah pembentukan batu ginjal pada saluran urin. Selain itu, kalium sitrat dalam jeruk bisa mengetasi penyakit batu ginjal.

8. Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah yang muncul di kulit kepala. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan produk perawatan rambut. Buah jeruk memiliki kandungan asam sitrat yang efektif menghilangkan ketombe. Anda bisa menggunakan air jeruk nipis kemudian menggosokkan langsung pada rambut, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Memanjangkan rambut

Selain bisa menghilangkan ketombe, jeruk juga bisa merangsang pertumbuhan rambut. Dengan kata lain, buah yang kaya akan vitamin C ini juga bisa digunakan untuk memanjangkan rambut secara alami. Tidak hanya itu, jeruk juga memiliki kemampuan untuk mencegah kerontokan pada rambut. Dengan demikian anda bisa mendapatkan rambut panjang dan sehat secara alami.

10 Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jeruk selanjutnya bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam jeruk dipercaya bisa menjaga tubuh agar tidak mudah sakit. Buah yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman yang segar dan sehat.

Manfaat Jeruk untuk Diet

Siapa sangka jika buah berwarna orange ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara alami. Jeruk memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Berikut ini manfaat jeruk untuk diet yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan metabolisme di dalam tubuh

Salah satu penyebab berat badan tidak terkontrol karena metabolisme dalam tubuh yang kurang baik. Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah jeruk, bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Rasa asam yang biasanya ada pada jeruk juga bisa mempengaruhi metabolisme terutama membantu usus agar bisa mencerna makanan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...