Mengenal Manfaat Jeruk Nipis dan Efek Sampingnya

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sangat beragam. Ingin tahu apa saja manfaat jeruk nipis? Berikut penjelasannya.
Image title
19 Agustus 2021, 17:18
Mengenal Manfaat Jeruk Nipis dan Efek Sampingnya
Lisa/Pexels
Buah jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh

Jeruk nipis kerap dimanfaatkan sebagai penyedap di masakan. Rasanya yang asam dan segar akan menambah cita rasa pada makanan. Sebagai contoh, menu makanan soto rasanya akan semakin kuat saat ditambahkan jeruk nipis. Selain itu, air jeruk nipis juga banyak digunakan untuk campuran sambal.

Bukan hanya memperkuat rasa, manfaat jeruk nipis lainnya juga dapat menjaga kesehatan. Kandungan vitamin dan senyawa di dalamnya menjadikan buah berukuran kecil kaya akan manfaat. Ingin tahu apa saja manfaat jeruk nipis? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Kandungan Jeruk Nipis

Sebelum mempelajari manfaat jeruk nipis, tak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan di dalam jeruk ini. Jeruk nipis memiliki berbagai vitamin dan senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, jeruk nipis memiliki kandungan makronutrien seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan Abu/ ASH. Selain makronutrien, ada juga kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Advertisement

Kandungan lainnya dalam jeruk nipis, yakni vitamin dan antioksidan yang sangat lengkap seperti beta karoten, karoten total, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C. Kandungan-kandungan itulah yang membuat manfaat jeruk nipis ini menjadi sangat beragam.

Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun rasanya masam dan jarang orang mengkonsumsi secara langsung, namun jeruk nipis ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari sehatq.com, berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa membantu meningkatkan sistem imun untuk menangkal berbagai penyakit. Vitamin C juga bisa meningkatkan produktivitas sel dan membantu mematikan berbagai mikroba yang menyebabkan penyakit.

2. Mempercepat proses penurunan berat badan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya yakni membantu menurunkan berat badan. Itu karena, kandungan vitamin C yang tinggi bisa mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan magnesium dan kalium yang ada di dalam jeruk nipis bisa menjaga kesehatan jantung. Kalium memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi dalam darah. Kandungan senyawa baik lainnya bernama limonin, bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Beberapa senyawa tersebut mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga jantung tetap sehat.

4. Mengurangi risiko penyakit batu ginjal

Manfaat lain dari jeruk nipis yakni mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini karena, jeruk nipis memiliki asam sitrat yang berperan penting untuk mencegah pembentukan batu ginjal dan mengikat mineral pembentuk batu dalam sistem urin manusia.

5. Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi membantu tubuh untuk menjaga fungsi dari sel, meningkatkan pertahanan sel tubuh, melawan radikal bebas, dan meningkatkan imun. Dengan demikian, penyakit kanker bisa dicegah.

6. Mengatasi sembelit

Sifat asam yang ada di dalam jeruk nipis juga mampu meningkatkan produksi air liur atau saliva. Air liur ini berperan penting untuk memecah makanan yang masuk ke dalam mulut. Flavonoid yang ada di dalam jeruk juga bisa merangsang enzim yang ada di dalam pencernaan dan mampu mencegah sembelit serta melancarkan pencernaan.

7. Mencegah diabetes

Jeruk nipis memiliki kandungan gula yang sangat sedikit dan memudahkan tubuh untuk menyerapnya. Dengan kadar gula yang terjaga, penyakit diabetes pun bisa dicegah. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam air jeruk nipis dipercaya baik untuk penderita diabetes.

8. Mengatasi masalah jerawat

Masalah jerawat biasanya disebakan oleh kotoran yang menumpuk, sel kulit mati di wajah, produksi minyak berlebihan, bahkan disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan jerawat. Jeruk nipis memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Kandungan vitamin C-nya bisa membantu menyehatkan kulit wajah.

9. Membantu penyerapan zat besi

Zat besi merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Makanan dengan kandungan vitamin C seperti jeruk nipis ini bisa membantu penyerapan zat besi. Dengan zat besi tercukupi, maka anemia bisa dicegah.

Efek Samping Jeruk Nipis

Meskipun manfaat jeruk nipis sangat banyak, namun konsumsi jeruk nipis berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik. Dari laman hellosehat.com, diketahui ada beberapa efek samping jeruk nipis yang harus diketahui. Apa saja efek sampingnya? Berikut penjelasannya.

1. Bisa menyebabkan asam lambung

Walaupun jeruk nipis ini bisa melancarkan pencernaan, namun kandungan asam sitrat dan askorbat yang teralu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan gejala reflus asam lambung. Itu merupakan gejala yang bisa Anda rasakan apabila asam lambung naik dan menimbulkan rasa perih pada perut.

2. Mengikis enamel gigi

Kandungan pH rendah yang ada di jeruk nipis ternyata bisa mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi rusak. Untuk mencegah efek samping ini, setelah mengonsumsi jeruk nipis Anda harus segera berkumur dengan air bersih. Kemudian, setelah beberapa saat Aanda bisa menggosok gigi untuk menghilangkan zat asam dari jeruk nipis menyebar pada area mulut dan menyebabkan gigi rusak.

3. Memicu ulkus lambung

Ulkus lambung atau radang lambung juga menjadi efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis. Asam sitrat di dalam jeruk ini bisa menyebabkan radang pada lambung. Maka dari itu, untuk mengurangi peradangan jangan terlalu sering mengonsumsi jeruk nipis.

Demikian beberapa manfaat jeruk nipis beserta efek sampingnya. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan untuk mengonsumsi jeruk nipis secara tepat. Apabila Anda merasakan gangguan kesehatan setelah mengonsumsi buah ini, maka hentikan dan bila perlu periksakan diri ke dokter.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait