Mengenal Manfaat Jeruk Nipis dan Efek Sampingnya

Siti Nur Aeni
19 Agustus 2021, 17:18
Mengenal Manfaat Jeruk Nipis dan Efek Sampingnya
Lisa/Pexels
Buah jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh

Jeruk nipis kerap dimanfaatkan sebagai penyedap di masakan. Rasanya yang asam dan segar akan menambah cita rasa pada makanan. Sebagai contoh, menu makanan soto rasanya akan semakin kuat saat ditambahkan jeruk nipis. Selain itu, air jeruk nipis juga banyak digunakan untuk campuran sambal.

Bukan hanya memperkuat rasa, manfaat jeruk nipis lainnya juga dapat menjaga kesehatan. Kandungan vitamin dan senyawa di dalamnya menjadikan buah berukuran kecil kaya akan manfaat. Ingin tahu apa saja manfaat jeruk nipis? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Kandungan Jeruk Nipis

Sebelum mempelajari manfaat jeruk nipis, tak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan di dalam jeruk ini. Jeruk nipis memiliki berbagai vitamin dan senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, jeruk nipis memiliki kandungan makronutrien seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan Abu/ ASH. Selain makronutrien, ada juga kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Kandungan lainnya dalam jeruk nipis, yakni vitamin dan antioksidan yang sangat lengkap seperti beta karoten, karoten total, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C. Kandungan-kandungan itulah yang membuat manfaat jeruk nipis ini menjadi sangat beragam.

Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun rasanya masam dan jarang orang mengkonsumsi secara langsung, namun jeruk nipis ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari sehatq.com, berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa membantu meningkatkan sistem imun untuk menangkal berbagai penyakit. Vitamin C juga bisa meningkatkan produktivitas sel dan membantu mematikan berbagai mikroba yang menyebabkan penyakit.

2. Mempercepat proses penurunan berat badan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya yakni membantu menurunkan berat badan. Itu karena, kandungan vitamin C yang tinggi bisa mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan magnesium dan kalium yang ada di dalam jeruk nipis bisa menjaga kesehatan jantung. Kalium memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi dalam darah. Kandungan senyawa baik lainnya bernama limonin, bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Beberapa senyawa tersebut mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga jantung tetap sehat.

4. Mengurangi risiko penyakit batu ginjal

Manfaat lain dari jeruk nipis yakni mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini karena, jeruk nipis memiliki asam sitrat yang berperan penting untuk mencegah pembentukan batu ginjal dan mengikat mineral pembentuk batu dalam sistem urin manusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...