7 Contoh Alat Musik Membranofon Modern dan Tradisional

Image title
15 Maret 2022, 14:43
Kendang, salah satu contoh alat musik membranofon
sdm.data.kemdikbud.go.id
Kendang, salah satu contoh alat musik membranofon

Alat musik membranofon adalah alat musik yang bunyinya timbul dari selaput kulit atau membran. Alat musik membranofon dimainkan dengan dipukul menggunakan gaya tertentu, sehingga menggetarkan membran dan menghasilkan suara.

Berikut contoh alat musik membranofon modern dan tradisional.

1. Tifa

Tifa termasuk alat musik membranofon yang digunakan di Papua dan Maluku. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan jari atau telapak tangan. Tifa terbuat dari sebatang kayu yang dikosongkan isinya dan salah satu sisi ujungnya ditutup menggunakan kulit rusa yang telah dikeringkan. Pada tepian atau badan tifa terdapat ukiran yang biasanya mengandung unsur cerita sebagai ungkapan rasa syukur pembuatnya.

Dikutip dari Warisanbudaya.kemdikbud.go.id, tifa merupakan simbol perdamaian bagi masyarakat Papua pada zaman dahulu. Saat terjadi perang antar suku, para tua adat membunyikan tifa untuk memanggil wakil dari kedua suku untuk berdamai. Kini, tifa digunakan dalam ritual adat, seperti pesta adat, perkawinan, menyambut tamu, dan sebagainya. Tifa juga digunakan sebagai pengiring tari tradisional, seperti tari Perang.

2. Drum

Drum tergolong alat musik membranofon yang dibunyikan dengan dipukul menggunakan tongkat atau tangan. Cangkang drum terbuat dari kayu dan kulit drum biasanya terbuat dari bahan sintetis, seperti plastik.

Melansir Drum Center of Portsmouth, sejarah drum berasal budaya Neolitik di Cina lalu menyebar ke seluruh Asia. Periode ini juga merupakan saat penciptaan Drum Dong Son Perunggu di Vietnam pada tahun 3000 SM. Penduduk Sri Lanka dan Afrika kemudian menemukan drum antara tahun 1000 dan 500 SM yang mereka gunakan untuk berkomunikasi.

3. Bongo

Bongo termasuk alat musik membranofon dan alat musik ritmis yang diklasifikasikan sebagai drum. Bongo dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Secara tradisional, bongo diletakkan bongo di antara kedua kaki dengan drum yang lebih kecil di sebelah kiri.

Beberapa bongo dibuat dari kulit binatang seperti kerbau dan sapi. Proses awal pembuatan bongo dimulai dengan merendam kulit mentah lalu ditempatkan di atas cangkang drum dan ditahan dengan lingkaran logam sampai kering. Untuk kulit sintetis, proses yang sama digunakan tanpa perlu merendam dan mengeringkan kulit.

4. Kendang

Kendang atau gendang merupakan alat musik membranofon yang dibuat dari bahan kayu yang dibentuk sedemikian rupa dan dilapisi selaput (kulit sapi). Kendang termasuk alat musik yang digunakan dalam gamelan yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrumen ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...