7 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Cara mengatasi kulit kering dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yang cenderung aman. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba.
Image title
31 Desember 2021, 16:27
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering.
Pexels.com
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering.

Kulit kering (xerosis) menjadi masalah yang menyebalkan bagi sebagian orang. Jika tidak dicoba untuk dirawat, kulit bisa menunjukan gejala-gejala yang cukup mengganggu, seperti kulit mengelupas, pecah-pecah, hingga tampka kusam.

Sebagian besar masalah kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan yang melenyapkan kelembaban kulit, seperti udara kering ketika cuaca dingin.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Ada berbagai pengobatan rumahan yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Sebagian besar perawatan di bawah ini dapat digunakan sebagai pelembab. Cara terbaik untuk menggunakan pelembab adalah dengan mengoleskannya secara bebas ke kulit yang lembab setelah mandi dan biarkan meresap.

Mengutip Medical News Today dan Healthline, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering:

Advertisement

1. Madu

Sebuah tinjauan berjudul "Medicinal and cosmetic uses of Bee’s Honey – A review (2012)" mencatat bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan madu merupakan bahan alami yang cukup bermanfaat untuk berbagai jenis penyakit kulit.

Berbagai penelitian telah menemukan madu bisa digunakan sebagai pelembab, bahan penyembuhan, dan antiinflamasi.

Hal tersebut menunjukan bahwa perawatan kulit dengan memanfaatkan madu merupakan alternatif yang aman untuk dicoba bagi mereka yang hendak merawat kulit kering. Bahan alami ini dapat diterapkan langsung ke area kulit.

2. Minyak Biji Bunga Matahari

Sebuah studi berjudul "Effect of Olive and Sunflower Seed Oil on the Adult Skin Barrier: Implications for Neonatal Skin Care (2013)" menemukan bahwa minyak biji bunga matahari ampuh untuk meningkatkan hidrasi ketika digunakan sebagai pelembab di area lengan.

Namun demikian, studi yang sama menemukan bahwa minyak zaitun dapat merusak penghalang kulit. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua minyak alami cocok untuk digunakan sebagai pelembab.

3. Minyak Kelapa

Minyak alami lain yang bekerja dengan baik untuk merawat kulit kering adalah minyak kelapa. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa minyak kelapa sama aman dan efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit kering. Minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan jumlah lipid (lemak) pada permukaan kulit.

Seperti yang dijelaskan dalam penelitian berjudul "Moisturizers: The Slippery Road (2016)", minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien. Emolien adalah lemak atau minyak yang bertindak sebagai pelembab dengan mengisi celah di kulit kering dan membuatnya halus.

4. Minum Susu

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu. Bahan yang satu ini dapat meredakan kulit kering, tetapi tidak untuk dioleskan ke kulit. Penelitian dari 2015 menunjukkan bahwa menu diet, termasuk susu, dapat memperbaiki kulit kering.

Studi ini menemukan bahwa lemak yang terkandung dalam susu, yang disebut fosfolipid, meningkatkan penghalang kulit pada tikus ketika ditambahkan ke makanan mereka.

Namun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah minum susu memiliki efek yang sama pada kulit manusia.

5. Minyak Oatmeal

Oatmeal adalah bahan alami lain yang dapat membantu merawat kulit kering. Menambahkan oatmeal bubuk ke dalam bak mandi atau menggunakan krim yang mengandung oatmeal dapat membantu meredakan kulit kering.

Sebuah studi berjudul "Anti-inflammatory Activities of Colloidal Oatmeal (Avena sativa) Contribute to the Effectiveness of Oats in Treatment of Itch Associated With Dry, Irritated Skin" tahun 2015 menemukan bahwa ekstrak dari oatmeal memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu merawat kulit kering.

6. Lidah Buaya

Menurut sebuah studi berjudul "Evaluation of Aloe Vera Gel Gloves in the Treatment of Dry Skin Associated with Occupational Exposure" tahun 2003 ditemukan bahwa gel lidah buaya dapat membantu mereka kulit kering.

Seseorang dengan kulit kering di tangan atau kaki mereka dapat mengoleskan gel lidah buaya dan menutupi area yang terkena dengan kaus kaki atau sarung tangan. Sebagian orang memilih melakukan cara ini sebelum tidur dan membiarkan gel sepanjang malam.

Jika kulit kering ada di area lain dari tubuh, mengoleskan gel lidah buaya secara bebas dan membiarkannya meresap dapat mencapai efek yang sama.

7. Sesuaikan Suhu Pancuran

American Academy of Dermatology mencatat bahwa menghilangkan kulit kering terkadang sesederhana mengubah rutinitas mandi. Sementara kebanyakan orang cenderung mandi air panas, hal ini dapat membuat kulit melepuh dan menyebabkan berbagai kerusakan.

Di samping itu, beberapa sabun yang mengklaim dapat melembabkan dan memperbaiki kulit malah menyebabkan efek sebaliknya. Beberapa produk dapat memicu reaksi alergi dan membuat kulit lebih tipis dengan bahan kimia yang keras.

Mandi sebentar dengan air hangat, bukan air panas. Dan cari sabun yang bebas pewangi dan lebih lembut di kulit daripada sabun tradisional.



Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait