6 Manfaat Lidah Buaya Atasi Kulit Kering hingga Jerawat

Berikut manfaat lidah buaya yang bisa mengobati kulit kering, hingga jerawat secara alami.
Image title
25 November 2021, 22:01
Ilustrasi manfaat lidah buaya yang baik untuk kulit
pixabay.com
Ilustrasi manfaat lidah buaya yang baik untuk kulit

Salah satu tumbuhan apotik hidup yang mampu subur di Indonesia adalah lidah buaya. Tumbuhan yang memiliki nama lain aloe vera ini merupakan jenis tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Secara habitat, tumbuhan ini bersifat menahun dan berasal dari Jazirah Arab. Tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis dan kering di berbagai belahan dunia.

Dalam perkembangannya, tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan dan tanaman hias, sehingga dapat ditanam dalam pot. Untuk memperoleh manfaat lidah buaya, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman, olesan untuk kulit, kosmetik, hingga obat luar untuk luka bakar.

Kandungan Gizi Lidah Buaya

Dalam setiap daging lidah buaya terdapat beragam gizi dan nutrisi yang bisa dimanfaatkan, sebagaimana dilansir dari Lifebuoy.co.id. Pertama mengandung vitamin B yang berasal dari daging lidah buaya. Vitamin jeni sini dapat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.

Kedua vitamin B12 pada aloe vera memiliki kandungan cukup tinggi. Padahal, umumnya vitamin jenis ini hanya ditemukan pada bahan makanan hewani. Ketiga, yakni vitamin E yang menjadikan manfaat lidah buaya baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.

Selanjutnya alias keempat, manfaat lidah buaya cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mampu memberikan banyak nutrisi untuk ibu dan janin. Selain itu, kelima, lidah buaya juga memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potasium mangan.

Terakhir, antioksidan dalam aloe vera yang cukup tinggi membuat membuat lidah buaya ampuh untuk melindungi kulit dari sinar UV. Enzim pada lidah buaya yang disebut Bradykinase juga berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Manfaat lidah buaya semakin beragam, karena diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, hormon auksin dan giberelin.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Dari kandungan gizi dan nutrisi lidah buaya tersebut, ada beberapa manfaat lidah buaya yang bisa didapat dari lidah buaya:

1. Mengobati Jerawat

Dikutip dari Alodokter.com, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya di pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat antijerawat yang telah diresepkan, mampu mengurangi jerawat sekitar 35 %.

Khasiat dan manfaat lidah buaya untuk mengatasi jerawat ini diperoleh dari  kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lainnya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Menjadi Pelembap Kulit

Kulit kering seringkali menjadi hal yang menyebalkan terutama saat angin kering menggesek kulit kita. Salah satu solusi untuk mengobati hal tersebut adalah, dengan mengoleskan lidah buaya ke kulit yang kering.

Pasalnya, dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit, sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap.

 3. Menjadi Pembersih Kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, lidah buaya bisa menjadi alternatif solusi untuk membersihkan make up tanpa iritasi. Dengan teksturnya yang seperti gel, lidah buaya dapat melarutkan riasan wajah sekaligus melembapkan kulit.

4. Mengobati Mata Bengkak

Mata bengkak bisa terjadi karena berbagai sebab. Salah satu solusi untuk mengobatinya adalah dengan mengoleskan lidah buaya ke area bawah mata. Langkah ini diyakini dapat membantu mengatasi mata bengkak.

Itu karena, lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, sehingga dapat melancarkan perpindahan cairan yang menumpuk. Namun, khasiat ini masih perlu diteliti lebih lanjut agar bisa memperoleh manfaat untuk mengatasi mata bengkak tersebut.

5. Menyegerakan Proses Pemulihan Luka

Sejumlah penelitian menjelaskan bahwa mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke kulit dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan (derajat satu dan dua). Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya lebih efektif dibandingkan salep yang biasa diresepkan untuk luka bakar ringan.

6. Menyembuhkan Gatal dan Ruam Kronis

Ada beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan, dimana itu dapat menyebabkan rasa gatal di kulit dan mulut. Hal ini tentu dapat menganggu makan, minum dan kenyamanan secara umum.

Sejumlah penelitian juga menyebutkan, dengan menggunakan obat kumur yang mengandung gel lidah buaya sebanyak tiga kali sehari dalam tiga bulan. Cara tersebut bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Khasiat yang sama juga bisa didapatkan jika gel lidah buaya dioleskan sebanyak dua kali sehari selama dua bulan pada kulit.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait