4 Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi yang Baik dan Benar

Kumpulan contoh surat pengunduran diri ini dapat digunakan sebagai referensi agar penulisannya baik dan benar.
Image title
12 Mei 2022, 07:37
Ilustrasi pengajuan surat pengunduran diri. Kumpulan contoh surat pengunduran diri ini dapat digunakan sebagai referensi agar penulisannya baik dan benar.
Unsplash/Van Tay Media
Ilustrasi pengajuan surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri merupakan surat yang dibuat pelamar kerja atau orang yang bekerja sebagai keterangan tertulis untuk menyatakan pengunduran diri dari jabatan atau proses seleksi karyawan.

Sesuai dengan Pasal 154A Undang-Undang Nomor Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri dan harus memenuhi syarat:

  • Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.
  • Tidak terikat dalam ikatan dinas.
  • Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

Surat pengunduran diri dapat disampaikan kepada team leader, HRD, atau pimpinan kantor, sesuai dengan kebijakan perusahaan. Surat tersebut berfungsi sebagai pemberitahuan resmi sekaligus upaya menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan perusahaan yang akan ditinggalkan.

Struktur Surat Pengunduran Diri

Mengutip buku Berani Resign!, berikut struktur surat pengunduran diri yang biasa digunakan di perusahaan.

Advertisement

1. Pembuka

Bagian header berisi tanggal pembuatan surat, nama, dan alamat atasan yang dituju, serta informasi pribadi Anda.

2. Isi

Isi mengandung salam, informasi mengenai rencana pengunduran diri, tanggal mengundurkan diri, serta alasan mengundurkan diri. Jika Anda membutuhkan surat referensi dari kantor, sampaikan pada bagian ini. Selain itu, Anda dapat mengucapkan terima kasih serta hal-hal baik yang dialami selama bekerja di perusahaan.

3. Penutup

Bagian ini berisi salam penutup, tanda tangan, dan nama terang.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut contoh surat pengunduran diri dari Buku Pintar Pekerja Terkena PHK.

Tempat, tanggal bulan tahun

 

 

Yth. Bapak/Ibu ……

Manajer ……

PT ………

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama: ……

NIK: ……

Divisi/Bidang: ……

Perusahaan: ……

Bermaksud mengajukan pengunduran diri sebagai staf …… dari PT …… per tanggal … disebabkan oleh ……. Saya berharap PT …… dapat memahami dan memberikan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Banyak sekali hal yang saya pelajari selama …… tahun saya bekerja di PT ……. Saya bangga telah menjadi bagian dari perusahaan ini. Oleh sebab itu, saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT …… jika terdapat kesalahan atau kekeliruan selama saya bekerja.

Saya berharap PT …… terus berkembang dan selalu menjadi yang terbaik. Mohon kiranya manajemen menerima pengunduran diri saya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas dukungan dan bantuan selama saya bekerja.

 

Hormat Saya,





………………

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Jakarta, …………

 

Kepada Yth.

HR Manager

PT ………

Jl. ………

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: ………

Divisi: ………

Jabatan: ………

Nomor Induk Karyawan: ………

 

Dengan ini saya mengajukan surat permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT ……… terhitung sejak tanggal ………. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan kerja yang telah diberikan oleh PT ……… kepada saya.

Saya memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen apabila selama bekerja terdapat hal-hal tidak berkenan yang telah saya lakukan. Saya berharap semoga PT ……… menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses di masa yang akan datang.

 

Hormat saya,





……………

Contoh Surat Pengunduran Diri CPNS

Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS berhak mengundurkan diri selama proses seleksi. Berikut contoh surat pengunduran diri CPNS bersumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 

…………………, ………………………

 

 

Hal: Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth.

Kepala Badan Kepegawaian Negara

di

Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Nomor Peserta Ujian :

Jenis Kelamin :

Tempat/Tanggal Lahir :

Agama :

Pendidikan/Jurusan :

Alamat :

Nomor HP :

Email :

dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2021 untuk kebutuhan jabatan ………………………………………………………………………………………………………… Adapun alasan saya adalah ……………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

(Meterai Rp10.000)

 

………………………

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Berikut contoh surat pengunduran diri atau resignation letter bersumber dari buku Panduan Lengkap Membuat Surat-surat Bisnis.

 

Place, date

 

Name

Title

Organization

Address

City, Province, Zip Code

 

Dear Mr./Mrs./Ms. ………,

 

Dear Mr./Ms. Last Name:

I would like to inform you that I am resigning from my position as Account Executive for the

Smith Agency, effective August 1.

Thank you for the opportunities for professional and personal development that you have provided me during the last three years. I have enjoyed working for [name of organization] and appreciate the support provided me during my tenure with the company. If I can be of any help during this transition, please let me know.

 

Sincerely,




……………

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait