6 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Baik untuk Kesehatan Otak dan Jantung

Terdapat banyak manfaat kopi hitam tanpa gula. Mulai dari menurunkan berat badan hingga melancarkan buang air besar. Cara membuat kopi hitam juga beragam.
Image title
15 Oktober 2021, 12:30
Ilustrasi manfaat kopi hitam tanpa gula
Unsplash/Ben Kolde
Ilustrasi manfaat kopi hitam tanpa gula

Kopi hitam tanpa gula merupakan pilihan minuman untuk sebagian orang. Rasanya yang masih orisinal mampu menyajikan cita rasa khas. Kopi hitam tersebut diseduh tanpa bahan tambahan, seperti gula, susu, krim, atau tambahan bahan lain.

Kandungan kopi hitam terdiri dari karbohidrat, lipid, senyawa nitrogen, vitamin, mineral, alkaloid, dan senyawa fenolik, menurut publikasi dalam jurnal “Progress in Clinical and Biological Research”.

Kadar kafein dalam kopi hitam bervariasi, tergantung pada biji kopi, cara pemanggangan, dan faktor lainnya. Merujuk publikasi Harvard Health Publishing, porsi kopi hitam dengan ukuran 236.5 ml rata-rata mengandung 100 miligram kafein.

Kalori yang terkandung dalam kopi hitam juga sangat rendah, sehingga ideal dan tidak membahayakan kesehatan. Bahkan, terdapat beragam manfaat kopi untuk tubuh. Ragam manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan meliputi:

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kopi hitam tanpa gula dapat membantu menurunkan berat badan. Minum empat cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh sekitar 4%, menurut sebuah studi oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Kopi hitam membantu dalam meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran lemak. Faktanya, Departemen Pertanian Amerika Serikat (United States Department of Agriculture/USDA) menjelaskan, satu cangkir kopi hitam yang diseduh dari biji giling memiliki dua kalori.

Jika empat cangkir terlalu banyak, opsi lain adalah satu hingga tiga cangkir kopi hitam. Jumlah tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga cukup untuk membakar hingga 150 kalori sehari, menurut sebuah studi oleh King's College University di London.

2. Mengurangi risiko penyakit demensia

Minum kopi hitam tanpa gula sebanyak tiga hingga lima cangkir per hari pada usia paruh baya dikaitkan dengan penurunan risiko demensia sekitar 65% pada usia lanjut. Penelitian ini dipublikasikan dalam “Journal of Alzheimer's Disease”.

Demensia didefinisikan sebagai gangguan kemampuan untuk mengingat, berpikir, atau membuat keputusan dalam aktivitas sehari-hari. Kandungan kafein dalam kopi hitam mampu meningkatkan produksi faktor perangsang koloni granulosit yang membantu otak agar terhindar dari penyakit demensia.

3. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Abhishek Mohan di Old Dominion University di Norfolk, Virginia menyimpulkan bahwa kopi hitam tanpa gula dapat mengurangi kadar protein beta amiloid sebanyak 50%.

Protein tersebut adalah jenis destruktif yang ditemukan di otak penderita Alzheimer. Pada penyakit Alzheimer, sel-sel otak yang memproses, menyimpan, dan mengambil informasi merosot dan mati.

Kafein dalam kopi hitam dapat membantu untuk membersihkan tubuh dari beta amiloid sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

4. Mencegah penyakit kardiovaskular

Penelitian dalam “European Journal of Nutrition” menunjukkan bahwa asam klorogenat (chlorogenic acids) dalam kopi hitam dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi asam klorogenat melalui kopi hitam tanpa gula dapat mengurangi risiko hipertensi, aterosklerosis, dan gagal jantung.

Dilansir dari healthfully.com, ilmuwan makanan Jane Higdon, Ph. menerangkan, secangkir kopi hitam mengandung sekitar 70 mg hingga 350 mg asam klorogenat. Biji kopi Robusta biasanya mengandung kadar asam klorogenat yang lebih tinggi daripada biji kopi Arabika.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kopi hitam tanpa gula mengandung kafein yang berpotensi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kefein bertindak sebagai imunomodulator, yaitu zat yang dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan memodifikasi respons terhadap ancaman.

Menurut ulasan yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam jurnal “Pharmacology & Therapeutics”, kafein berpotensi memiliki efek positif pada pasien dengan penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis dan psoriasis.

Sekitar tiga hingga empat cangkir (250ml) kopi hitam yang diseduh merupakan jumlah yang aman untuk orang dewasa yang sehat. Sedangkan remaja berusia 18 tahun ke bawah tidak boleh mengonsumsi lebih dari satu cangkir kopi (100 miligram kafein) sehari.

6. Melancarkan buang air besar

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam "European Journal of Clinical Nutrition" menemukan, wanita yang minum kopi cenderung tidak mengalami sembelit. Mengutip Healthline, Lauri Wright, Ph.D mengonfirmasi, kopi hitam tanpa gula dapat melancarkan buang air besar.

“Kopi merangsang pergerakan otot-otot di usus besar yang mendorong peristaltik, sehingga menyebabkan buang air besar. Kopi telah terbukti merangsang motilitas di saluran pencernaan sehingga meningkatkan sistem pencernaan dan ekskresi, ” ungkap Lauri Wright, Ph.D seperti dilansir dari healthline.com.

Cara Membuat Kopi Hitam

Untuk memperoleh kopi hitam, hal pertama yang dilakukan adalah menggiling biji kopi. Proses penggilingan dapat dilakukan manual atau menggunakan mesin. Anda juga dapat membeli biji kopi giling yang tersedia banyak di pasaran.

Cara mudah untuk minum kopi hitam tanpa gula adalah menggunakan kopi instan. Cukup diseduh dengan air panas lalu kopi sudah siap diminum. Ada banyak pilihan cara lain untuk minum kopi hitam tanpa gula. Misalnya, drip coffee, French press, atau mesin espresso. Memahami ketiga proses ini sangat penting karena setiap metode menghasilkan rasa, waktu pembuatan, dan tingkat kafein yang berbeda.

Jika belum terbiasa minum kopi hitam tanpa gula, Anda dapat memulai dengan mengurangi jumlah susu, gula, atau krimer yang ditambahkan ke dalamnya. Mulailah dengan mencatat takaran krim atau susu yang biasa Anda tambahkan.

Kemudian, kurangi takaran secara berkala sampai Anda terbiasa dengan rasa kopi hitam tanpa tambahan apapun. Kopi hitam mengandung banyak rasa yang berbeda, tergantung biji kopi. Saat Anda menambahkan krim dan gula ke dalamnya, rasa tersebut dapat berkurang.

Itulah beragam manfaat kopi hitam tanpa gula serta cara membuatnya. Cita rasanya yang khas dapat menjadi minuman yang lezat dan sehat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait