6 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Baik untuk Kesehatan Otak dan Jantung

Image title
15 Oktober 2021, 12:30
Ilustrasi manfaat kopi hitam tanpa gula
Unsplash/Ben Kolde
Ilustrasi manfaat kopi hitam tanpa gula

Kopi hitam tanpa gula merupakan pilihan minuman untuk sebagian orang. Rasanya yang masih orisinal mampu menyajikan cita rasa khas. Kopi hitam tersebut diseduh tanpa bahan tambahan, seperti gula, susu, krim, atau tambahan bahan lain.

Kandungan kopi hitam terdiri dari karbohidrat, lipid, senyawa nitrogen, vitamin, mineral, alkaloid, dan senyawa fenolik, menurut publikasi dalam jurnal “Progress in Clinical and Biological Research”.

Kadar kafein dalam kopi hitam bervariasi, tergantung pada biji kopi, cara pemanggangan, dan faktor lainnya. Merujuk publikasi Harvard Health Publishing, porsi kopi hitam dengan ukuran 236.5 ml rata-rata mengandung 100 miligram kafein.

Kalori yang terkandung dalam kopi hitam juga sangat rendah, sehingga ideal dan tidak membahayakan kesehatan. Bahkan, terdapat beragam manfaat kopi untuk tubuh. Ragam manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan meliputi:

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kopi hitam tanpa gula dapat membantu menurunkan berat badan. Minum empat cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh sekitar 4%, menurut sebuah studi oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Kopi hitam membantu dalam meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran lemak. Faktanya, Departemen Pertanian Amerika Serikat (United States Department of Agriculture/USDA) menjelaskan, satu cangkir kopi hitam yang diseduh dari biji giling memiliki dua kalori.

Jika empat cangkir terlalu banyak, opsi lain adalah satu hingga tiga cangkir kopi hitam. Jumlah tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga cukup untuk membakar hingga 150 kalori sehari, menurut sebuah studi oleh King's College University di London.

2. Mengurangi risiko penyakit demensia

Minum kopi hitam tanpa gula sebanyak tiga hingga lima cangkir per hari pada usia paruh baya dikaitkan dengan penurunan risiko demensia sekitar 65% pada usia lanjut. Penelitian ini dipublikasikan dalam “Journal of Alzheimer's Disease”.

Demensia didefinisikan sebagai gangguan kemampuan untuk mengingat, berpikir, atau membuat keputusan dalam aktivitas sehari-hari. Kandungan kafein dalam kopi hitam mampu meningkatkan produksi faktor perangsang koloni granulosit yang membantu otak agar terhindar dari penyakit demensia.

3. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Abhishek Mohan di Old Dominion University di Norfolk, Virginia menyimpulkan bahwa kopi hitam tanpa gula dapat mengurangi kadar protein beta amiloid sebanyak 50%.

Protein tersebut adalah jenis destruktif yang ditemukan di otak penderita Alzheimer. Pada penyakit Alzheimer, sel-sel otak yang memproses, menyimpan, dan mengambil informasi merosot dan mati.

Kafein dalam kopi hitam dapat membantu untuk membersihkan tubuh dari beta amiloid sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...