Ampuh, Ini 13 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Image title
6 Agustus 2021, 18:15
kesehatan, mata panda, cara menghilangkan mata panda
Ron Lach/Pexels
Ilustrasi seorang wanita menggunakan masker mata

Jika Anda sering begadang dan kelelahan, bisa jadi Anda memiliki mata panda. Area sekitar mata yang menghitam sebenarnya memiliki nama medis resmi yaitu periorbital hyperpigmentation atau hiperpigmentasi periorbita.

Kondisi tersebut muncul ketika ada kelebihan melanin yang diproduksi di sekitar mata sehingga muncul warna kulit yang lebih gelap. Dari sinilah muncul istilah mata panda karena warna hitam yang melingkar pada mata menyerupai mata binatang panda.

Advertisement

Mata panda tidak mengganggu kesehatan. Kemunculannya dianggap  normal karena sering dialami oleh banyak orang. Biasanya, mata panda muncul disertai dengan kantung mata sehingga dapat membuat Anda tampak lebih tua dan sulit untuk dihilangkan.

Kondisi mata panda biasanya bukan merupakan permasalahan medis yang serius. Hal tersebut sering terjadi akibat kelelahan. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mata panda.

Penyebab mata panda

Bertambah usia

Semakin bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata melemah sehingga memicu kerusakan kolagen yang menyebabkan mata panda.

Genetika

Beberapa orang memiliki genetika mata panda sehingga memiliki pigmentasi berlebih atau kadar kolagen yang rendah di area di bawah mata.

Pola makan yang buruk

Pola makan buruk, terutama terlalu banyak makanan asin, menyebabkan tubuh kelebihan cairan dan menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan lingkaran hitam. Selain itu, kurang konsumsi zat besi juga dapat menyebabkan mata panda.

Alergi

Reaksi alergi menyebabkan darah menumpuk di bawah mata karena pembengkakan jaringan di rongga hidung.

Kurang tidur

Hal ini membuat kulit menjadi kusam dan pucat sehingga pembuluh darah di bawah kulit terlihat gelap.

Stres

Saat Anda stres, tubuh bereaksi dengan mengalirkan darah ke bagian tubuh kecuali area wajah sehingga membuat wajah terlihat sangat pucat. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di bawah mata Anda menjadi lebih jelas hingga muncul mata panda

Terlalu lama terpapar sinar matahari

Matahari memancarkan sinar ultraviolet yang menembus kulit area mata dan merusak pigmen melanin sehingga menjadi gelap. Kulit mata sangat sensitif dan tipis sehingga terlihat lebih gelap.

Dehidrasi

Dehidrasi sering menjadi penyebab utama munculnya mata panda. Ketika tubuh tidak mendapatkan air yang cukup, kulit di bawah mata menjadi kusam dan cekung.

Penurunan berat badan

Terkadang, berat badan turun drastis sehingga lapisan lemak di bawah mata menjadi tipis dan memperlihatkan jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah kulit. Kulit menjadi transparan sehingga mata tampak cekung dan menghitam.

Merokok

Merokok dapat membuat tubuh kekurangan vitamin C yang berfungsi untuk memproduksi kolagen untuk kulit. Orang yang merokok akan kecanduan nikotin dan dapat menyebabkan gangguan tidur sehingga mengakibatkan mata panda.

Mata panda bukan permasalahan serius sehingga tidak butuh penanganan khusus. Namun, mata panda dapat mengganggu terutama membuat wajah tampak lesu. Karena itu, ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang dapat dicoba.

Cara menghilangkan mata panda secara alami

1. Kompres mata dengan es batu

Mengompres mata dengan handuk dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata. Caranya, bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan kompres ke mata.

Anda juga bisa membasahi waslap dengan air dingin dan mengoleskannya ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk efek yang sama. Ulangi proses ini jika kain menjadi hangat atau es mencair.

2. Tidur lebih awal

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur pada malam hari, pembuluh darah dalam tubuh akan melebar mengakibatkan peningkatan aliran darah. Karena kulit di bawah mata Anda lebih tipis, warna gelap yang disebabkan oleh peningkatan aliran darah lebih terlihat sehingga menyebabkan mata panda. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk membantu mengatasi mata panda.

3. Tinggikan kepala saat tidur

Saat tidur, coba tinggikan kepala dengan menggunakan bantal tambahan. Cara ini akan mencegah cairan menggenang di bawah mata dan mencegah pembengkakan dan peradangan. Jika  tidur dengan posisi telentang, cairan dapat menggenang di kelopak mata bagian bawah dan menyebabkan mata panda.

4. Gunakan kompres kantong teh

Teh tidak hanya untuk konsumsi tapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Teh hijau, khususnya telah terbukti oleh para peneliti karena potensi efek anti-inflamasinya, seperti yang ditunjukkan dalam satu studi di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research. Cara menggunakan kompres kantong teh adalah:

  1. Seduh dua kantong teh selama tiga sampai lima menit.
  2. Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit.
  3. Kemudian, peras cairan ekstra dan oleskan ke area bawah mata Anda.
  4. Biarkan kantong teh selama 15 hingga 30 menit.

5. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan pada area mata akan melemah. Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak asam hialuronat yang berfungsi untuk meningkatkan kolagen sehingga kulit menjadi lebih kencang dan halus. Makanan yang mengandung vitamin C meliputi:

  • Jeruk
  • Paprika merah
  • Kubis
  • Brokoli
  • Stroberi

6. Gunakan sendok dingin

Menghilangkan mata panda dengan sendok menjadi salah satu cara efektif untuk dicoba, caranya:

  1. Masukkan dua sendok logam ke dalam freezer di malam hari.
  2. Keesokan harinya, letakkan bagian belakang sendok dingin di bawah mata Anda dan sedekat mungkin dengan sudut bagian dalam.
  3. Berikan sedikit tekanan dan perlahan luncurkan sendok ke sudut luar.
  4. Gerakan meluncur akan membantu mengalirkan cairan yang terkumpul di bawah mata Anda, sementara sendok dingin akan membantu meminimalkan bengkak.

7. Kompres mata dengan timun dingin

Jika pernah melakukan perawatan spa, Anda mungkin diberi timun dingin di sekitar mata. Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang mampu meredakan mata lelah dan menghilangkan mata panda serta mengurangi bengkak

Caranya, potong dua iris timun dingin dan kompres mata sembari berbaring. Biarkan selama 10 menit dan jangan dibilas agar nutrisi terserap maksimal.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement