4 Menteri Jokowi Tersandung Kasus Korupsi di KPK

Oleh Yosepha Pusparisa, 6/5/2019, 08.03 WIB

Sebelumnya, mantan Menteri Sosial Idrus Marham telah divonis tiga tahun oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Unduh Infografik
Share

Beberapa menteri dalam Kabinet Kerja menjadi sorotan karena berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terakhir, KPK menggeledah ruang kerja dan rumah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

(Baca: Sinyal Reshuffle Kabinet di Ujung Masa Pemerintahan Jokowi – JK)

Dia diduga terlibat dalam kasus suap yang melibatkan anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso. Dalam pengakuannya, mendapatkan uang Rp 2 miliar dari Enggar untuk memuluskan Permendag tentang Perdagangan Gula Kristal Rafinasi Melalui Pasar Lelang Komoditas.

KPK juga memeriksa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Lukman Hakim diperiksa dalam kasus jual-beli jabatan di Kementerian Agama yang dilakukan eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Sedangkan Imam terkait kasus suap penyaluran dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

(Baca: Istana Tunggu Status dari KPK untuk Reshuffle Menteri)

Sebelumnya, mantan Menteri Sosial Idrus Marham telah divonis tiga tahun oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Dia diputus terlibat dalam korupsi pembangunan PLTU Mulut Tambang Riau 1 dan terbukti menerima suap Rp 2,25 miliar dari pemegang saham Blackgold Natural Resource Ltd Johannes Kotjo.